Rabu 30 Aug 2023 21:12 WIB

Timnas Indonesia U-17 Kalah Tipis 0-1 dari Korsel U-17

Meski kalah 0-1, timnas U-17 mampu memberikan perlawanan pada Korsel.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia U-17 Rizdjar Nurviat (kiri) diadang pemain timnas U-17 Korea Selatan You Minjun pada laga uji coba internasional di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023) malam.
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola timnas Indonesia U-17 Rizdjar Nurviat (kiri) diadang pemain timnas U-17 Korea Selatan You Minjun pada laga uji coba internasional di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-17 melakoni laga uji coba internasional melawan Korea Selatan (Korsel) U-17 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (30/8/2023) malam WIB. Tim asuhan Bima Sakti mampu memberikan perlawanan tapi skor berakhir 1-0 untuk kemenangan Korsel.

Korsel bermain menekan sejak menit awal untuk mengacaukan ritme permainan skuad Garuda Muda. Lima menit pertama berlalu dengan permainan yang lebih banyak terjadi di area tengah lapangan. Belum ada peluang ke gawang yang berhasil disasarkan oleh kedua tim.

Baca Juga

Peluang pertama dimiliki Korsel, itu terjadi di menit ke-10 saat Korsel melakukan transisi serangan yang baik dari kanan ke kiri. Kim Hyun Min menerima umpan di sisi kiri lalu melepaskan umpan pendek kepada Jin Taeho, tapi tembakan Jin masih meleset dari sasaran.

Indonesia bertahan dari gempuran serangan Korsel selama 30 menit pertandingan berlangsung. Peluang baru dimiliki tim asuhan Bima Sakti di menit ke-33 dari situasi bola mati. Riski Afrisal mengeksekusi tendangan bebas tersebut, tapi tendangan langsungnya masih meleset di atas mistar gawang.

Peluang bagi Indonesia dari permainan terbuka baru terjadi di menit ke-37. Kombinasi serangan Indonesia berhasil mencapai area pertahanan Korsel. Permainan dari kaki ke kaki ditunjukkan Riski Afrisal dkk, momentum dimiliki Kafiatur yang langsung melepaskan tembakan ke gawang. Namun itu masih meleset di atas mistar. Skor 0-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, mesin sudah mulai memanas. Indonesia bermain lebih agresif dan mampu membalas serangan balik cepat di menit ke-48. Peluang dimiliki Riski Afrisal saat serangan balik. Namun ia terlalu terburu-buru melepaskan tembakan, yang masih meleset dari sasaran.

Di menit ke-54 pergerakan tiga pemain depan Indonesia cukup merepotkan pertahanan Korsel. Riski Afrisal memimpin serangan balik bersama Kafiatur dan Arkhan Kaka. Peluang dimiliki Kafiatur tapi bola masih berhasil diblokir di area pertahanan.

Gawang Indonesia kebobolan di menit ke-67. Ada kesalaham komunikasi antara Ikram dan Habil. Ikram menepis bola dari umpan pemaim Korsel di sisi kiri serangan, namun itu tidak sempurna sehingga bisa dimanfaatkan oleh Gaon. Seharusnya jika tidak ditepis Ikram, Habil dalam posisi yang lebih baik untuk menyapu bola keluar lapangan. Skor 1-0 untuk Korsel dan bertahan hingga laga selesai.

Susunan pemain kedua tim:

- Indonesia:

Ikram Giffari (kiper); Hab6ĥil Adillah, Muhammad Iqbal Gwijangge, Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky; Figo Dennis, Ji Da Bin; M Guvary Lotra, M. Riski Afrisal, M. Aulia Rahman, M. Kafiatur Rizky

Cadangan:

Rifky Tofani (kiper), Amirul Amin, M. Andre Pangestu, Rionaldi Mehran, Tonci Shouter, Ahmad Zidan, Ergun Firlansyah, Maouri Ananda, M. Hanif Ramadhan, Arkhan Kaka, Krisna Sulistia, M. Nabil Asyura, Reno Salampessy

Pelatih:

Bima Sakti

- Korea Selatan:

Hong Seong Min (kiper); Kom Yugeon, Lee Chang Woo, Seo Jeong hyeok, You Min Jun; Cha Je Hoon, Jin Tae Ho, Kim Hyu Min, Kim Myeong Jun, Lee Sang Min, Yoo Do Yong

Cadangan:

Lee Gyung Jun, Yun Ki Wook (kiper), Bae Seong Ho, Kim Hyun Woo, Kwak Sung Hoon, Back In Woo, Baek Gaon, Hwang Eunchong, Lee Jawhwan, Lim Hyumsub, Seong Him Chan

Pelatih:

Byun Sung Hwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement