Sabtu 02 Sep 2023 21:30 WIB

Aleix Espargaro Menangi Sprint MotoGP Catalunya Secara Dramatis

Espargaro menandai medali emas Sprint pertamanya sepanjang musim ini.

Pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dari Spanyol, melakukan selebrasi.
Foto: AP/Jose Breton
Pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dari Spanyol, melakukan selebrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, memenangkan balapan Sprint MotoGP Catalunya secara dramatis setelah bersaing ketat dengan Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (2/9/2023).

Espargaro finis sebagai yang tercepat dengan Bagnaia tertinggal hanya 1,989 detik darinya. Sementara, posisi tiga diamankan oleh rekan satu tim Espargaro yaitu Maverick Vinales dengan margin waktu 2,040 detik dari sang pemimpin balapan.

Baca Juga

Pencapaian Espargaro di sesi Sprint ini pun menandai medali emas Sprint pertamanya sepanjang musim, sekaligus menyempurnakan penampilannya di sesi-sesi sebelumnya pada grand prix (GP) yang diadakan di kampung halamannya tersebut.

Pada hari pertama, Espargaro berhasil mencetak rekor baru lap tercepat pada sesi latihan bebas (free practice/FP). Selain itu di sesi kualifikasi, ia hanya terpaut 0,104 detik dari Bagnaia yang meraih posisi pole untuk balapan utama MotoGP Catalunya. Tak hanya itu, hasil balapan Sprint ini juga merupakan double-podium pertama bagi Aprilia Racing dengan kemenangan Espargaro dan Vinales.

Sementara itu, posisi keempat dan kelima masing-masing diraih oleh Brad Binder (Red Bull KTM) dengan selisih waktu 2,857 detik dan Jorge Martin (Prima Pramac) yang terpaut 4,341 detik dari Espargaro.

Posisi keenam diisi oleh Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF Aprilia) yang sebelumnya berhasil mengamankan P3 pada sesi kualifikasi yang sekaligus membuatnya akan memulai balapan utama di grid terdepan bersama Espargaro dan Bagnaia.

Adapun daftar 10 besar dilengkapi oleh Johann Zarco (Prima Pramac), Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), dan Alex Marquez (Gresini Racing).

Sementara, sejumlah pembalap veteran seperti Marc Marquez (Repsol Honda) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) keluar dari daftar 10 besar dan finis masing-masing di P11 dan P18.

Sementara, saudara kandung Aleix Espargaro, yakni Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing Tech3) tidak bernasib semujur dirinya, dengan tidak berhasil lolos kualifikasi balapan Sprint kali ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement