Ahad 03 Sep 2023 17:54 WIB

Ratu Tisha Jelaskan Makna Sepak Bola di Depan Para Calon Bintang Timnas Putri Indonesia

Ia menekankan tentang pentingnya menjaga kondisi fisik sejak dini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria turut hadir dalam peresmian Supersoccer Arena milik Djarum Foundation. Acara ini berlangsung di Kudus, Jawa Tengah, Ahad (3/9/2023) petang WIB.
Foto: Frederikus Dominggus Bata/Republika
Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria turut hadir dalam peresmian Supersoccer Arena milik Djarum Foundation. Acara ini berlangsung di Kudus, Jawa Tengah, Ahad (3/9/2023) petang WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria turut hadir dalam peresmian Supersoccer Arena milik Djarum Foundation. Acara ini berlangsung di Kudus, Jawa Tengah, Ahad (3/9/2023) petang WIB.

Sejumlah kegiatan digelar. Itu termasuk final MilkLife Soccer Challenge Batch 2. Empat tim bertanding. 

Baca Juga

Di kelompok U-10, SDUT Bumi Kartini Jepara berhadapan dengan SDIT Al Islam Kudus. Anak-anak Jepara unggul 4-2. Di kelompok U-12, SD 2 Rendeng jumpa Mi Nu Baitul Mukminin B. SD 2 Rendeng menang 2-1.

Setelah pertandingan, Ratu Tisha diminta bereaksi. Pertama-tama ia berterima kasih kepada orang tua yang telah mengizinkan putri-putrinya untuk berproses seperti ini. Setelahnya ia menyapa para wonderkid di lapangan.

"Semua orang punya makna sepak bola berarti apa bagi diri kita masing-masing. Kalau buat saya, sepak bola adalah persahabatan. Jadi, pesan saya, ingat kejadian hari ini, senangnya, agak sedihnya, tadi, kemudian, senangnya ketemu teman baru. Senangnya punya teman baru, dan senangnya main bola itu seperti apa. Karena main bola itu ujung-ujungnya, ga akan berarti tanpa persahabatan," kata Tisha.

Ini menjadi pesan pertamanya. Selanjutnya, ia menekankan tentang pentingnya menjaga kondisi fisik sejak dini. Terutama bagi adik-adik yang ingin menjadi atlet, dalam hal ini pesepak bola.

"Nomor duanya. Jangan lupa makan yang teratur, makan yang bener. Kurangi jajan-jajan di luar. Makan yang sehat, dan berani minum susu," ujar Tisha.

Ribuan pasang mata terlihat di Supersoccer Arena. Ada yang menjejali rumput mengikuti peresmian stadion tersebut. Sebagian besar memenuhi tribun untuk menonton pertandingan.

Supersoccer Arena mulai dibangun pada 23 Mei 2022. Stadion ini memiliki dua lapangan. Satunya lapangan utama berukuran 68x105 meter untuk kegiatan sepak bola. Kemudian lapangan pendukung, 30x60 meter yang digunakan untuk panahan dan minisoccer.

Lapangan tersebut menggunakan rumput sintetis, mengikuti standar FIFA. Tribunnya bisa menampung 1100 penonton. Fasilitas tambahan lainnya yakni toilet bagi penyandang disabilitas.

Tujuan dibangunnya Supersoccer Arena yakni membantu menggerakkan ekosistem sepak bola putri, terutama di tingkat sekolah dasar. Stadion ini juga mendukung pelatihan berbagai cabang olahraga lainnya seperti di nomor-nomor atletik dan panahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement