Selasa 05 Sep 2023 23:26 WIB

Choi In Cheol Gantikan STY Pimpin Latihan Timnas Indonesia Senior

Shin bertolak ke Solo untuk memimpin latihan Timnas Indonesia U-23

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.
Foto: Fitriyanto/Republika
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih Timnas Indonesia Choi In Cheol akan menggantikan pelatih kepala Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia senior menjelang laga internasional FIFA Matchday melawan Turkmenistan di Surabaya. Laga tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, pada 8 September 2023.

Setelah membuka latihan perdana, Shin langsung bertolak ke Solo untuk memimpin latihan Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Anggota Exco PSSI Endri Erawan mengatakan Choi akan memimpin latihan timnas senior berdasarkan arahan Shin.

"Kemarin kan pak Sumardji sudah menyampaikan, pada tanggal 4 Coach Shin di Surabaya untuk membuka latihan FIFA Matchday. Habis pembuka itu, hari ini beliau ada di solo untuk membuka latihan Timnas U-23 yang sudah lengkap. Nanti Choi akan memimpin latihan, tapi Shin tetap akan di bench saat pertandingan," kata Exco PSSI Endri Erawan di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Mengenai komposisi pemain, Endri mengungkapkan awalnya ada dua pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia senior dilaporkan mengalami cedera. Mereka adalah Shayne Pattynama dan Yakob Sayuri yang mengalami cedera sebelum sempat bergabung dengan tim Merah Putih atau saat bermain untuk klub masing-masing. 

"Ada surat keterangan dari dokter timnya Shayne, mengatakan bahwa dia memang butuh istirahat selama beberapa minggu untuk pemulihan, jadi kami percaya lah dengan kredibilitas timnya dia," kata Endri.

Awalnya, kata Endri, Shin Tae-yong tidak meminta pemain untuk menggantikan dua pemain tersebut. Namun saat di Surabaya, Dimas Drajad dan Yance Sayuri dilaporkan mengalami cedera saat latihan. "Makanya U-23 ditarik ke Surabaya," ujarnya. 

Sebagai gantinya, pelatih asal Korea Selatan tersebut memanggil beberapa pemain dari timnas U-23 Indonesia. Mereka akan menyusul dari Solo ke Surabaya. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Donny Tri Pamungkas dan Dzaky Asraf.

"Tidak ada wajah baru, kami cuma satu kali pertandingan melawan Turkmenistan jadi kami akan panggil dari tim U-23, yakni Dewangga, Donny, dan Dzaky," kata Shin Tae-yong. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement