Rabu 06 Sep 2023 23:11 WIB

PSM Berikan Libur Sepekan Selama Jeda Kompetisi, Persiapan Tatap Jadwal Padat

PSM juga akan menjalani pertandingan di Piala AFC 2023/2024.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain PSM Makassar berlatih (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Para pemain PSM Makassar berlatih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar memilih libur dari aktivitas selama jeda kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 untuk agenda FIFA Matchday. Tim Juku Eja baru akan memulai kembali latihan pada 11 September 2023. Seluruh anggota tim diberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, termasuk pelatih Bernardo Tavares dan para pemain asing.

Libur panjang dipilih PSM agar seluruh anggota tim menjalani recovery masing-masing. Mengingat selama bulan Agustus hingga September tim dihadapkan jadwal yang padat, yaitu menjalani Liga 1 dan Piala AFC 2023/2024. 

Baca Juga

"Setelah pertandingan lawan PSS Sleman, pelatih berpesan ke pemain. Dalam waktu tujuh hari ini pemain diberikan kesempatan untuk pulang bertemu keluarga atau kerabat. Libur sampai tanggal 10, tanggal 11 sudah latihan lagi," kata Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim dikutip dari Liga Indonesia Baru, Rabu (6/9/2023). 

Selama masa libur, Bernardo Tavares mengingatkan pada pemain untuk tetap menjaga kebugaran fisik dengan latihan dan menjaga pola makan. Pasalnya, saat tim berkumpul lagi nantinya, Erwin Gutawa dkk langsung menjalani persiapan laga berikutnya yang padat.

PSM masih menyisahkan empat pertandingan lagi selama bulan September, yaitu pekan ke-12 melawan PS Barito Putera, 15 September, lalu mereka akan menjalani laga perdana Grup H Piala AFC 2023/2024 melawan Hai Phong pada 22 September. Kemudian tim menjamu Borneo FC Samarinda pekan ke-13 pada 24 September dan terakhir melawan tuan rumah PSIS, 29 September 2023.

"Masing-masing pemain harus bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Wajib menjaga kondisi tubuh," katanya pria yang akrab disapa Sule itu.

Saat ini, PSM belum konsisten di BRI Liga 1 2023/2024. Hingga pekan ke-11 tim Juku Eja berada di papan tengah, posisi ke-10 klasemen sementara dengan perolehan 15 poin dari empat kemenangan, empat kekalahan dan tiga kali imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement