Rabu 06 Sep 2023 23:26 WIB

Singkirkan Slovenia di Perempat Final, Kanada Torehkan Sejarah Baru di FIBA World Cup

Kanada melangkah ke semifinal Piala Dunia Basket untuk pertama kalinya.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Guard Kanada Dillon Brooks (kiri) menjaga bintang Slovenia Luka Doncic.
Foto: EPA-EFE/ROLEX DELA PENA
Guard Kanada Dillon Brooks (kiri) menjaga bintang Slovenia Luka Doncic.

REPUBLIKA.CO.ID, PASAY CITY -- Kanada mencatatkan rekor baru sepanjang keikutsertaan di FIBA World Cup. Untuk pertama kalinya, Kanada sukses melangkah ke babak semifinal Piala Dunia Bola Basket. Ini setelah Kanada menundukan Slovenia 100-89 pada laga pamungkas babak perempat final FIBA World Cup 2023 di Mall of Asia, Pasay City, Manila, Filipina, Rabu (6/9/2023) malam WIB.

Kanada, yang mengalahkan juara bertahan FIBA World Cup Spanyol pada laga terakhir babak kedua grup, sebenarnya mengawali laga dengan kurang menyakinkan. Namun, secara perlahan, tim besutan Jordi Fernandez itu mampu bangkit dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan tipis, 26-24.

Baca Juga

Slovenia yang mengandalkan Luka Doncic bisa berbalik unggul pada kuarter kedua. Kedua tim pun sama-sama mengumpulkan 50 poin saat kembali ke kamar ganti lapangan Mall of Asia Arena tersebut. 

Momen penentuan terjadi pada kuarter ketiga. Kanada mampu terus mendulang poin sembari tampil solid dalam bertahan. Keberhasilan mengunci pergerakan dan terus meredam aksi Doncic serta akurasi tembakan tiga angka menjadi senjata utama Kanada di kuarter ketiga. Kanada akhirnya menutup kuarter ketiga dengan keunggulan sembilan poin, 80-71.

Momentum ini terus dipertahankan Kanada pada kuarter keempat. Dillon Brooks, yang ditugaskan untuk mengawal Doncic, mampu menjalani tugasnya dengan baik pada laga ini. Meski sempat diusir wasit lantaran telah dua kali melakukan technical foul, Brooks terbilang mampu meredam permainan bintang Dallas Maverick tersebut dalam sisa pertandingan.

Puncaknya, Slovenia harus kehilangan Doncic saat kuarter keempat tinggal tersisa empat menit. Point guard berusia 24 tahun itu diusir wasit usai dua kali melakukan technical foul. Sepanjang laga, Doncic tercatat mengemas 26 poin, yang berasal dari delapan kali memasukan bola dari 20 tembakan. 

Di sisi lain, Shai Gilgeous-Alexander dan RJ Barrett tampil tenang seperti sebelumnya dalam mendulang poin buat Kanada. Shai menjadi peraih poin terbanyak di laga ini dengan koleksi 31 poin. Point guard Oklahoma City Thunder itu juga mencatatkan 10 rebound dan 4 assist. 

Shai tercatat menjadi pemain pertama yang mampu mencetak lebih dari 30 poin dan 10 rebound di fase gugur FIBA World Cup sejak 1994 silam. Performa impresif Gilgeous-Alexander ini diikuti dengan penampilan apik Barret, yang mengemas total 24 poin sepanjang laga.

Menjadi tim terakhir yang memastikan satu tempat di babak semifinal FIBA World Cup 2023, Kanada sudah ditunggu Serbia, yang sukses menyingkirkan Lithuania, 87-68, dalam laga perempat final sehari sebelumnya. Rencananya, duel Kanada kontra Serbia ini akan digelar di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Jumat (8/9/2023) waktu setempat. 

Pada laga semifinal lainnya, Jerman akan berduel dengan Amerika Serikat. Jerman berhasil mengandaskan perlawanan Latvia, sedangkan Amerika Serikat sukses menyingkirkan Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement