Kamis 07 Sep 2023 18:13 WIB

Rafael Struick Prioritaskan Lolos Piala Asia U-23 Bersama Timnas daripada Target Pribadi

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup K bersama Taiwan dan Turkmenistan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Rafael Struick
Foto: Dok PSSI
Rafael Struick

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker timnas Indonesia U-23 Rafael Struick memastikan kondisinya baik setelah bergabung dalam latihan bersama timnas Indonesia U-23 di Stadion Sriwedari, Solo untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23. Struick memasang target membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. 

Pemain yang bermain untuk klub liga Eropa ADO Den Haag itu memang tidak bergabung sejak hari pertama pemusatan latihan (TC) pada 4 September 2023. Namun ia mengaku dalam kondisi yang baik meskipun sedikit kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari Belanda. 

Baca Juga

Ia mengungkapkan menu latihan pada Kamis (7/9/2023) tidak terlalu berat. "Kondisi saya baik, agak sedikit capek setelah penerbangan jauh tapi saya merasa baik-baik saja. Latihan hari ini tidak terlalu berat, kemarin memang lebih berat tapi hari ini lebih banyak latihan taktik," kata Struick setelah latihan, Kamis (7/9/2023). 

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup K bersama Chinese Taipei (Taiwan) U-23 dan Turkmenistan U-23. Laga perdana Garuda Muda adalah menghadapi Taiwan pada Sabtu (9/9/2023), kemudian menghadapi Turkmenistan pada Selasa (12/9/2023). Kedua tim di atas sudah saling berhadapan pada Rabu (6/9/2023), di mana Turkmenistan menang dengan skor 4-0.

Struick melihat bagaimana kemenangan Turkmenistan menunjukkan kekuatan mereka, tapi Indonesia akan lebih dulu menghadapi Taiwan. Sebab itu, kata dia, fokus tim saat ini adalah mempersiapkan strategi melawan Taiwan baru kemudian menyiapkan strategi untuk menghadapi Turkmenistan. 

"Saya lihat pertandingan 4-0 untuk Turkmenistan, tapi kita harus fokus lawan Taiwan dulu dan semoga kita bisa menang pada laga itu baru kemudian kita siapkan untuk menghadapi Turkmenistan," kata pemain berusia 20 tahun itu.

Adapun mengenai target di turnamen kali ini, Struick mengatakan tidak memiliki target pribadi selain membawa tim lolos kualifikasi ke putaran final. "Target pribadi? Tidak ada, target saya sama dengan tim untuk lolos kualifikasi. Jika bisa lolos kualifikasi saya akan sangat senang," ujarnya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement