Jumat 08 Sep 2023 18:20 WIB

Jelang FIFA Match Day vs Turkmenistan, Erick Thohir Semangati Timnas Indonesia

Indonesia berada di ranking 150 FIFA.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu pemain timnas Indonesia sebelum laga kontra Turkmenistan.,
Foto: dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu pemain timnas Indonesia sebelum laga kontra Turkmenistan.,

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir tak banyak bicara saat bertemu para pemain timnas senior jelang laga FIFA Match Day melawan Turkmenistan, Jumat (8/9/2023) malam, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim.

Erick hanya berucap singkat, "Selamat Bertanding," kepada seluruh pemain usai mereka mendapat briefing dari pelatih Shin Tae-Yong di Hotel Vaza, tempat pemain menginap.

Baca Juga

"Semua sehat kan? Selamat bertanding ya, kalian pasti akan memberikan yang terbaik”, ujar Erick kepada Marc Klok, Jordi Almat dkk, sambil tersenyum.

Jadwal siaran langsung Timnas Indonesia vs Turkmenistan di FIFA Matchday dapat disimak pada pukul 19.30.

Pertandingan skuad Garuda versus The Emerald memiliki arti penting bagi anak asuh Shin Tae Yong demi memperbaiki ranking FIFA. Indonesia menempati peringkat 150, sementara Turkmenistan 138.

Meski secara peringkat FIFA Turkmenistan ada di atas Indonesia, tapi dari statistik pertemuan Tim Merah Putih lebih baik dan sedikit lebih unggul ketimbang the Karakum Warriors, julukan timnas Turkmenistan. 

Ini merupakan pertemuan kelima bagi kedua negara. Dari total empat pertandingan, Karakum Warriors hanya menang sekali. Sementara Indonesia mengemas dua kemenangan sementara satu laga lainnya berakhir imbang.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004 di Stadion Olimpiade Ashgabat dalam kualifikasi Piala Dunia 2006.

Pada laga perdana itu, Indonesia kalah 1-3 dan satu-satunya gol Indonesia dicetak Budi Sudarsono, sementara tiga gol Turkmenistan dilesakkan Vladimir Bayramov dua gol dan Begencmuhamed Kuliyew.

Kemudian, pada 17 November 2004 giliran Indonesia menjamu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno berhasil menang 3-1 berkat hattrick Ilham Jaya Kesuma.

Selanjutnya, timnas Indonesia kembali bentrok dengan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada pertemuan pertama Indonesia bertandang ke Ashgabat pada 23 Juli 2011, hasilnya imbang 1-1, Ilham Jaya Kesuma yang menjadi aktor penyeimbang dalam pertandingan itu.

Pertemuan kedua berlangsung di Jakarta pada 28 Juli 2011, hasilnya Turkmenistan dihajar oleh tim Garuda dengan skor 4-3.

Empat gol Indonesia didapat dari Cristian Gonzales dua gol, Ahmad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement