Jumat 08 Sep 2023 20:29 WIB

Dendy Sulistyawan Bawa Timnas Indonesia Ungguli Tukrmenistan pada Babak Pertama

Dendy Sulistyawan menjebol gawang Turkmenistan pada menit ke-19.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia Dendy Sulistyawan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Penyerang timnas Indonesia Dendy Sulistyawan.

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Timnas Indonesia untuk sementara mengungguli tamunya Turkmenistan dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/23) malam. Gol Dendy Sulistyawan menjadi pembeda pada babak pertama.

Timnas Indonesia sebagai tuan rumah bermain dengan formasi 3-4-3, sementara tim lawan Turkmenistan bermain dengan formasi 4-4-2.

Baca Juga

Baru empat menit laga dimulai, Turkmenistan langsung melepaskan tendangan yang keras dari Ballakov dan mengarah ke gawang. Namun masih dapat ditepis kiper Nadeo Argawinata.

Saddil Ramdani dengan solo runnya melewati tiga pemain Turkmenistan. Ia kemudian dilanggar pada menit ke-11 dan menghasilkan tendangan bebas cukup dekat ke gawang. Sayang, eksekusi Saddil membuat bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Tidak butuh waktu lama, gol pertama tercipta untuk Indonesia pada menit ke-19. Dari jarak yang cukup jauh Dendy Sulistyawan melepaskan tendangan lambung yang tidak bisa digapai kiper Babayev. Keunggulan sementara 1-0 untuk timnas Indonesia.

Kartu kuning pertama diberikan di menit ke-26 kepada pemain Turkmenistan yaitu Guychmyrat. Ia dengan sengaja menjatuhkan Saddil Ramdani yang sedang menggiring bola dalam upaya serangan balik.

Turkmenistan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-36. Tagayev melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya yang mengarah kencang. Namun bola tendangannya masih berada di samping tiang gawang kanan Nadeo.

Indonesia kembali memberikan serangan berbahaya di menit ke-41. Gelandang Adam Alis memberikan operan kepada Edo Febriansyah yang berada di sayap. Edo meneruskannya kepada Dendy yang berada di depan gawang. Kiper Turmenistan Babayev langsung maju dan mengambil bola.

Sampai tiga menit waktu tambahan di babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta. Keunggulan sementara 1-0 untuk timnas Indonesia di babak pertama.

Susunan Pemain Indonesia Vs Turkmenistan

Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Alfeandra Dewangga; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Moh Edo Febriansyah; Adam Alis, Dendy Sulistyawan Saddil Ramdani

Pelatih: Shin Tae-yong

Turkmenistan (4-4-2)

Babayev Vatyr; Annagulyyev Guychmyrat, Bashimov Abdy, Mammedov Ybrayym, Soyunov Shohrat; Annalyev Myrat, Ballakov Velmyrat, Mingazov Ruslan, Tamurkin Ilya; Tagayev Elman, Tirkishov Shanazar

Pelatih: Orazov Mergen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement