Sabtu 09 Sep 2023 11:25 WIB

Neymar Lewati Pele Sebagai Top Skor Timnas Brasil

Neymar mengoleksi 79 gol dari 125 pertandingan untuk Brasil.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Neymar merayakan golnya ke gawang Bolivia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026.
Foto: EPA-EFE/Sebastiao Moreira
Neymar merayakan golnya ke gawang Bolivia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, BELEM -- Neymar da Silva jr menggoreskan catatan baru saat membela Brasil pada partai perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selecao yang tergabung di zona Amerika Selatan (Conmebol) bertemu Bolivia. Duel ini berlangsung di Estadio Mangueirao, Belem, Brasil, Sabtu (9/9/2023) pagi WIB. Tuan rumah menang 5-1. Neymar membuat brace ke gawang lawan.

"Kini ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa negara itu," demikian laporan yang dikutip dari reuters.

Baca Juga

Neymar mengoleksi 79 gol dari 125 pertandingan. Ia melewati catatan legenda Brasil, Pele. Selama aktif membela Selecao, sosok yang disebut terakhir mengoyak jala lawan di 77 kesempatan. Pele melakukannya setelah tampil dalam 92 laga. Dalam duel yang baru saja berlangsung, 

Neymar nyaris membuat hattrick. Sayang, sepakan penaltinya di menit ke-17 gagal berujung gol.

Secara keseluruhan, Brasil tampil menggila. Tekanan demi tekanan dilancarkan skuad polesan Fernando Diniz. Kubu tamu tertahan di area sendiri.

Casemiro dan rekan-rekan melepaskan total 21 tembakan. Sebanyak 11 di antaranya tepat sasaran. Tuan rumah menguasai bola hingga 80 persen. Sisanya milik Bolivia. Para penggawa La Verde hanya melakukan tiga tembakan tepat sasaran. Tim tamu bisa saja kalah dengan skor lebih besar.

Dengan demikian, Brasil mengawali petualangan menuju Piala Dunia 2026 dengan hasil fantastis. Armada Selecao naik ke singgasana klasemen sementara. Neymar dkk unggul selisih gol atas Uruguay di tangga kedua.

Juara sunia Argentina ada di urutan ketiga. Sebelumnya La Albiceleste menang tipis 1-0 atas Ekuador di Buenos Aires. Lionel Messi mencetak gol tunggal di pertandingan tersebut lewat tendangan bebas indahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement