Sabtu 09 Sep 2023 19:56 WIB

Timnas U-23 Pesta Gol, Bobol Gawang China Taipei U-23 Lima Kali pada Babak Pertama

Indonesia unggul 5-0 atas China Taipei pada babak pertama.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-23 setelah menjebol gawang China Taipei U-23 di Grup K Kualifikasi AFC U23 Piala Asia 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).
Foto: Republika/ Wihdan
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-23 setelah menjebol gawang China Taipei U-23 di Grup K Kualifikasi AFC U23 Piala Asia 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Timna sIndonesia U-23 sukses menyarangkan lima gol ke gawang China Taipei U-23 pada babak pertama laga penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Sabtu (9/9/2023) malam. Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, dan Ilham Rio masing-masing menyumbang satu gol dalam laga di Stadion Manahan, Solo, tersebut.

Laga baru berjalan dua menit, Indonesia U-23 sudah mencatatkan keunggulan. Sebuah kesempatan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan China Taipei u-23 berhasil dimaksimalkan oleh Marselino Ferdinan. Bola mendatar hasil sepakan gelandang berusia 19 tahun itu meluncur ke sisi kiri gawang China Taipei U-23.

Baca Juga

Hanya berselang tiga menit, Garuda Muda mampu menggandakan keunggulan. Ramadhan Sananta berhasil merebut bola dari salah satu pemain bertahan China Taipei U-23. Penyerang Persis Solo itu langsung merangsek ke kotak penalti dan menaklukan kiper China Taipei dengan sepakan mendatar ke tengah gawang.

Kendati sudah unggul dua gol, para penggawa Garuda Muda itu terus menekan pertahanan China Taipei. Tim besutan Shin Tae-yong itu terlihat lebih unggul dalam kemapuan teknik dan terus mengendalikan permainan. Pun dengan berbagai variasi serangan yang ditunjukan runner-up Piala AFF U-23 2023 tersebut.

Di sisi lain, China Taipei U-23 kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan dan membangun serangan. Bahkan, China Taipei tercatat tidak mampu mencatatkan satu pun tembakan hingga pertengahan babak pertama. Gawang China Taipei U-23 malah kembali kebobolan pada menit ke-19. Kali ini via torehan Rafael Struick.

Pada menit ke-29, Witan Sulaeman ikut menyumbang gol buat Garuda Muda di laga ini. Setelah menerima umpan dari Ivar Jenner, Sulaeman langsung melepaskan sepakan terarah ke sisi kanan gawang China Taipei tanpa bisa dihalau penjaga gawang. 

Gawang China Taipei benar-benar menjadi bulan-bulanan para penggawa Garuda Muda. Ilham Rio mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti China Taipei. Awal terjadinya gol Rio ini hampir mirip dengan torehan gol Witan. Gol Rio ini membuat angka di papan skor menjadi 5-0 untuk Indonesia.

Daftar Susunan Pemain

Indonesia U-23

Ernando Ari (PG); Ilham Rio, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta, William Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Taiwan U-23

Hsiang Chun (PG); Meng Hsin, Chia Pao, Wei Chieh; Cheng En, Chun Kai, Po Chieh, Pui Hei; Chung Liang, Huang Whei Chieh, Hsuan Wei

Pelatih: Tseng Tai Lin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement