Sabtu 09 Sep 2023 23:54 WIB

Jokowi: Haornas Momentum Bangsa untuk Berjaya

Haornas dirayakan setiap 9 September.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Israr Itah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-32 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 yang jatuh pada 9 September 2023 merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berjaya. 

“Mari menjadikan Hari Olahraga Nasional 2023 ini sebagai momentum untuk berjaya,” kata Jokowi pada akun Twitter pribadinya @Jokowi. 

Baca Juga

Melalui prestasi di bidang olahraga, kata Jokowi, para atlet dapat mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Sementara masyarakat berjaya dengan jiwa yang sehat dan optimistis. 

“Para atlet berjaya dengan prestasi di lapangan yang mengharumkan nama bangsa. Masyarakat berjaya menjadikan olahraga sebagai gaya hidup yang membentuk raga yang sehat, jiwa yang optimistis, pikiran yang jernih, dan kepercayaan diri yang tinggi,” ujarnya. 

Sementara Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan bahwa olahraga adalah aktivitas yang mengajarkan mengenai ketekunan dan semangat juang yang tinggi. 

“Cabang olahraga apa pun mengajarkan kita tentang arti kerja keras, dedikasi, pantang menyerah,” ujar Pramono, dikutip dari laman setkab.go.id. 

Sejalan dengan tema Haornas 2023 “Gelanggang Semangat Pemenang” yang mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat meraih kemenangan, Pramono juga mengingatkan pentingnya jiwa sportivitas dalam olahraga. 

“Kalau menang bersyukur dan kalau kalah tetap harus pada posisi badan yang tegap dan bisa menerima kekalahan dalam olahraga. Karena perbedaan dalam olahraga, baik menang maupun kalah, sangat tipis sekali tetapi itu menjadi jiwa kita menjadi sangat kuat,” kata Pramono. 

Lebih lanjut, Pramono menyampaikan pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengaku, sesibuk apapun akan tetap menyempatkan diri berolahraga. 

“Dalam satu minggu 4–5 kali, baik itu bersepeda, jogging, nge-gym, dan berbagai aktivitas olahraga yang saya lakukan. Dan, saya merasakan dengan berolahraga saya menjadi produktif, jiwa saya menjadi sehat dan kuat, dan sekaligus menyegarkan pikiran saya secara pribadi,” ujarnya. 

Pramono pun mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari. 

“Mari jadikan olahraga sebagai gaya hidup kita sehari-hari dan mewujudkan Indonesia maju, Indonesia hebat, Indonesia raya yang semakin bersatu,” kata Seskab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement