Selasa 12 Sep 2023 05:35 WIB

Julian Nagelsmann dan Matthias Sammer Kandidat Pelatih Timnas Jerman

DFB harus membayar uang kepada Bayern jika ingin mengontrak Nagelsmann.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Mantan pelatih Bayern Munchen Julian Nagelsmann menjadi salah satu kandidat pelatih timnas Jerman.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Mantan pelatih Bayern Munchen Julian Nagelsmann menjadi salah satu kandidat pelatih timnas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Julian Nagelsmann dan Matthias Sammer dikabarkan sedang dipertimbangkan untuk menjadi pelatih baru timnas Jerman. Asosiasi Sepak Bola Jerman (DBF) memecat Hansi Flick setelah kinerja buruk yang berkepanjangan.

Kekalahan terbaru Jerman datang dari Jepang. Die Mannschaft kalah 1-4 di kandang sendiri dalam laga uji coba akhir pekan lalu. Alhasil, Jerman hanya hanya meraih empat kemenangan dari 17 pertandingan di semua ajang, termasuk tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

Baca Juga

DFB merasa perlu bertindak cepat agar sukses ketika Euro 2024 digelar di negara mereka. Sejak pemecatan Flick, berbagai nama telah dikaitkan dengan posisi tersebut.

Menurut Matt Law dari Telegraph, dilansir dari Sportsmole, Senin (11/9/2023),  Nagelsmann dan Sammer sama-sama berpotensi ditunjuk sebagai pengganti Flick. Nama yang pertama adalah kandidat yang pasti karena reputasinya sebagai salah satu pelatih muda terbaik di dunia sepak bola dan baru-baru ini menjadi pelatih kepala Bayern Munchen.

Namun Nagelsmann secara mengejutkan dipecat pada bulan Maret oleh Munchen, meski menorehkan 60 kemenangan dan 10 kekalahan dari 84 pertandingannya sebagai pelatih. Tottenham Hotspur dan Paris Saint-Germain sama-sama tertarik pada musim panas ini kepada Nagelsmann. Namun, salah satu batu sandungan merekrut Nagelsmann adalah uang yang harus dibayarkan kepada Bayern jika sebuah tim atau negara memilih untuk menunjuk Nagelsmann sebagai pelatih.

Jika DFB memilih Sammer maka itu dipandang sebagai langkah yang mengejutkan. Sebab, Sammer tidak lagi menjadi pelatih kepala sejak membela Borussia Dortmund dan Stuttgart antara tahun 2000 dan 2005.

Sejak itu, ia menjadi penasihat teknis di DFB, direktur olahraga di Bayern Munchen, dan mengambil peran sebagai penasihat di Dortmund. Law menambahkan, Voller, yang merupakan direktur tim nasional, mungkin akan tetap bertugas lebih lama jika kesepakatan tidak dapat dicapai dengan salah satu target pilihan DFB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement