Jumat 15 Sep 2023 04:09 WIB

Apa Sanksi yang akan Dijatuhkan untuk Rivan Nurmulki? Ini Jawaban Ketum PBVSI

PBVSI memastikan Rivan Nurmulki tidak ikut berlaga di Asian Games Hangzhou.

Atlet bola voli Indonesia Rivan Nurmulki.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Atlet bola voli Indonesia Rivan Nurmulki.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo mengatakan organisasinya akan melakukan sidang komisi disiplin untuk menentukan nasib Rivan Nurmulki. Rivan diketahui absen membela timnas Indonesia pada ajang Kejuaraan Bola Voli Asia pada pertengahan Agustus silam, dengan alasan sedang fokus mendampingi istrinya yang akan melahirkan.

Namun saat kejuaraan itu berlangsung, Rivan bermain untuk tim Kalimantan Timur pada ajang Piala Kapolri. "Kalau ada masalah tentu kita akan berikan sanksi. Tapi mekanismenya kita pakai sidang kode etik atau komite disiplin. Ini yang nanti setelah timnya (timnas ke Asian Games 2022) berangkat, dalam waktu dekat kita ingin melakukan sidang komisi disiplin kepada Rivan untuk rasa keadilan teman-teman semua agar tidak diikuti dan menjaga marwah PBVSI," ujar Imam setelah mengikuti acara pelepasan timnas bola voli dan bola voli pantai ke Asian Games di Padepokan Voli Kunarto, Bogor, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga

"Sidangnya secepatnya, itu untuk menegakkan disiplin agar setara dengan yang lain, sebelumnya juga sudah ada beberapa orang. Sanksinya kita lihat dari bobot kesalahannya. Komdis kan nanti ada dari dewan kehormatan, dewan pengawas, dan lain-lain, tidak gegabah lah," tambahnya.

Imam menegaskan bahwa organisasinya tidak melarang pemain untuk mengikuti kompetisi antarkampung (tarkam) ataupun kompetisi-kompetisi non profesional, namun hal itu hanya dapat dilakukan pemain saat sedang tidak dipanggil timnas. Meski akan menjatuhkan hukuman, Imam mengingatkan bahwa hal itu diambil demi kebaikan sang pemain sendiri.

"Ini adalah kerangka dalam membina dia (Rivan), kami tidak membenci loh. Saya panggil waktu itu ingin selamatkan dia karena dia sudah terdaftar di Polda Kaltim, saya bilang jangan main nanti jadi masalah, eh dia tetap main," tutur Imam.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PBVSI (@pbvsi_official)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement