Jumat 15 Sep 2023 06:34 WIB

Demi Rawat Ibu yang Sakit, Zulfiandi Berhenti Sementara dari Sepak Bola

Zulfiandi juga ingin menikmati momen kebersamaan dengan anaknya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Zulfiandi  saat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2018
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Zulfiandi saat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan bintang timnas U-19 Zulfiandi mengumumkan berhenti sementara dari sepak bola profesional. Pengumuman tersebut ia sampaikan langsung melalui Instagram pribadinya @zulfiandi_. Dalam postingannya, ia menyampaikan alasan berhenti sementara dari sepak bola demi merawat ibunya yang sedang sakit.

Ia mengatakan, sebagai anak, ingin memberikan yang terbaik untuk berbakti kepada ibu. Sebab, menurutnya, usia seseorang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah.

Baca Juga

"Bentuk bakti yang bisa saya lakukan saat ini adalah dengan merawat dan mendampingi beliau," tulis pemain berusia 28 tahun asal Bireuen, Aceh.

Alasan lain keputusannya berhenti sementara dari sepak bola profesional yaitu ingin menikmati momen kebersamaan bersama anak. Ia mengungkapkan aktivitasnya selain merawat ibunya adalah menjemput anak dan mengajak bermain. Bagi Zulfiandi, menyaksikan perkembangan anak secara langsung adalah kenikmatan luar biasa.

Ia menyadari, ada beberapa orang yang tidak sependapat dengan keputusannya berhenti dari sepakbola. Namun, katanya, setiap orang memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda dan harus saling menghargai.

Zulfiandi merupakan salah satu bintang timnas U-19 kala merebut Piala AFF 2013. Ia banyak tawaran bermain dari klub Liga 1 dan Liga 2. Namun tekadnya untuk merawat ibunya yang sedang sakit dan ingin bersama anak-anaknya menguatkannya untuk berhenti sejenak dari sepak bola.

"Tak lupa sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah dan semoga Allah memudahkan segala urusan kita semua. Aaamiin Allahumma Aaamiin," kata Zulfiandi menutup tulisannya. 

Karier Zulfiandi terakhir kali memperkuat Madura United sejak 2019 hingga 2023. Sebelum itu, gelandang bertahan itu pernah membela Bhayangkara FC, Sriwijaya FC, Bali United, Surabaya United. Zulfiandi merupakan jebolan PSSB Bireuen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement