Senin 18 Sep 2023 15:02 WIB

Liga Champions; Munchen Dipastikan Autopilot Vs MU, Kemana Sang Pelatih?

MU sendiri dalam kondisi tak baik jelang lawatan ke markas Munchen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Bayern Munchen. Tuchel tak akan mendampingi Munchen melawan MU pada Rabu (20/9/2023) WIB nanti.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pelatih Bayern Munchen. Tuchel tak akan mendampingi Munchen melawan MU pada Rabu (20/9/2023) WIB nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Bayern Munchen bakal mengawali kiprah di arena Liga Champions musim ini kala menjamu Manchester United di laga pembuka penyisihan Grup A, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB. Namun, para penggawa Die Bayern kemungkinan besar tidak akan didampingi Thomas Tuchel di pinggir lapangan di laga tersebut.

Pasalnya, pelatih asal Jerman itu tengah menjalani sanksi larangan mendampingi tim besutannya di pentas Liga Champions. Sanksi ini terkait dengan kartu merah yang didapatkan Tuchel saat mendampingi Munchen di laga kontra Manchester City di leg kedua babak perempat final Liga Champions musim lalu.

Baca Juga

Dalam laga yang berujung dengan kemenangan The Citizens, 4-1, via adu penalti tersebut, Tuchel mendapatkan dua kali kartu kuning yang berujung pada kartu merah pada menit ke-86 laga. Wasit memberikan kartu merah kepada Tuchel lantaran dianggap melakukan protes berlebihan.

''Sanksi akibat kartu merah itu akan diterapkan pada musim ini. Alhasil, Tuchel dilarang mendampingi Munchen di laga kontra City. Mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG) itu hanya boleh menyaksikan pertandingan tersebut via tribun penonton,'' tulis laporan Manchester Evening News, Senin (18/9/2023).

Kendati begitu, mantan pelatih Borussia Dortmund itu tetap diperbolehkan masuk ke dalam ruang ganti pemain dan berkomunikasi dengan para pemain serta staff pelatih. Selain itu, Tuchel juga tetap diperbolehkan memberikan instruksi kepada para pemain Die Bayern selama jeda pergantian babak di laga yang bakal digelar di Stadion Allianz Arena tersebut.

Kabarnya, Tuchel akan didampingi asisten pelatih Muenchen, Arno Michels, saat menyaksikan laga tersebut dari bangku penonton. Sementara di pinggir lapangan, Die Bayern akan didampingi oleh dua asisten Tuchel, Zsolt Low and Anthony Barry, di sepanjang laga tersebut. 

Muenchen menatap laga kontra United dengan torehan kurang memuaskan di laga terakhir. Joshua Kimmich dan kawan-kawan terpaksa berbagi poin dengan Bayer Leverkusen di pekan keempat Bundesliga, akhir pekan lalu. Hasil imbang, 1-1, kontra Leverkusen itu sekaligus menghentikan rekor kemenangan beruntun Muenchen di tiga laga sebelumnya.

Di pentas Liga Champions musim ini, Munchen bersaing dengan Manchester United, Galatasaray, dan Copenhagen, dalam memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar. Setelah mengawali penyisihan Grup A dengan menghadapi salah satu klub raksasa Liga Primer Inggris, juara Bundesliga musim lalu itu akan berduel dengan Copenhagen pada awal bulan depan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement