Selasa 19 Sep 2023 13:58 WIB

Jelang Indonesia Vs Kirgistan di Asian Games 2022, Skuad Garuda Krisis Pemain

Ramadhan Sananta tidak dilepas Persis Solo ke Asian Games.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta tidak dilepas Persis Solo ke Asian Games 2022.
Foto: Antara/HO-Humas PSSI
Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta tidak dilepas Persis Solo ke Asian Games 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan pada laga perdana Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zheziang Normal University East, Hangzhou, China, Selasa (19/9/2023) malam WIB. Namun menjelang laga tersebut, pelatih Indra Sjafri memiliki kendala dengan ketersediaan.

Sebelumnya, 22 pemain disiapkan oleh pelatih asal Sumatra Barat itu untuk perhelatan ini. Namun sampai menjelang pertandingan tersebut, beberapa pemain dikabarkan tak bisa membela Merah Putih karena cedera dan tak dilepas oleh klubnya. Mereka adalah Beckham Putra Nugraha, Ramadhan Sananta, dan Kadek Arel. 

Baca Juga

Sebelumnyam Indra telah memastikan Beckham takkan main di Asian Games 2023 karena mengalami cedera. Namun pelatih yang membawa Indonesia juara SEA Games itu mungkin tak pernah menyangka bahwa Ramadhan Sananta juga takkan tersedia di ajang multievent nanti. Hal itu jelas membuat Indra tampak kecewa.

"Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo, sebelumnya setuju memberikan pemain memperkuat timnas Asian Games. Untuk Persis Solo kita panggil hanya satu pemain, yaitu Ramadhan Sananta," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (19/9/2023).

Ia mengaku telah mendapatkan izin dari Persis Solo, dan manajemen klub mempunyai komitmen untuk menyetujui Sananta bergabung dengan syarat stiker tersebut bermain terlebih dulu melawan PSIS Semarang pada 16 September 2023. Namun pada akhirnya, Persis tidak melepaskan pemainnya itu.

"Kita setujui dan sepakat pemain yang bersangkutan berangkat menyusul ke Huangzhou tanggal 18 September 2023 dini hari. Tapi akhirnya Sananta tidak dibolehkan berangkat. Padahal id card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games. Tiket keberangkatan ke Huangzhou juga sudah disiapkan untuk semua pemain yang menyusul dengan penerbangan tanggal 18 September dini hari pukul 00:15 WIB," ujarnya. 

Indra mengungkapkan yang menyusul ke Huangzhou adalah Alfeandra Dewangga, Ananda Rehan, M. Irianto, George Brown. Adapun kondisi Kadek Arel masih belum memungkinkan untuk tampil di laga perdana melawan Kirgistan. Ia mengungkapkan pemain Bali United itu masih dalam masa recovery.

"Semua pemain yang 22 orang itu sudah punya id card Asian Games dan tidak bisa lagi diganti karena kita sudah mengganti 9 pemain dari daftar yang sudah kita daftarkan di awal," kata Indra. 

Dengan catatan tersebut, sejauh ini artinya hanya memiliki 20 nama yang siap dimainkan di Asian Games 2023 nanti. Setelah melawan Kirgistan, laga kedua adalah melawan China Taipei pada 21 September 2023. Terakhir, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan akan bertemu Korea Utara pada 24 September 2023. Semua laga berlangsung di Zheijang Normal University East Stadium.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement