Rabu 20 Sep 2023 15:04 WIB

Prediksi Starting Line-Up MU Lawan Munchen di Tengah Terpaan Cedera

MU akan bertandang ke markas Munchen dalam laga pembuka Grup A Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester United (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Para pemain Manchester United (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Pelatih Manchester United Erik ten Hag sepertinya harus memutar otak untuk bisa menurunkan skuad terbaik Setan Merah pada laga kontra Bayern Muenchen, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB. Ten Hag tidak memiliki banyak opsi dalam pemilihan pemain di laga pembuka penyisihan Grup A Liga Champions tersebut.

Kondisi ini tidak terlepas dari cedera yang menerpa MU. Harry Maguire dan Aaron Wan Bissaka menjadi dua pemain terakhir yang harus menepi. Maguire dan Wan Bissaka tidak disertakan dalam daftar 21 pemain MU pada laga kontra Muenchen. 

Baca Juga

Meski sudah kembali berlatih usai pulih dari cedera, Mason Mount dan Raphael Varane belum cukup fit untuk bisa disertakan dalam lawatan ke markas Munchen tersebut. Ten Hag pun diharapkan bisa menemukan solusi atas masalah ini dan bisa membawa United tampil kompetitif di laga kontra Munchen.

Berdasarkan lansiran Manchester Evening News, Ten Hag bisa melakukan perubahan formasi demi memaksimalkan pemain yang dimilikinya. Menerapkan formasi 4-2-3-1 dan formasi 4-4-2 diamond pada lima laga awal musim ini, Ten Hag bisa beralih dengan menggunakan formasi 4-3-3 di laga kontra Muenchen.

''Terlebih, formasi 4-2-3-1 terbukti tidak memberikan hasil maksimal di laga terakhir United, tepatnya saat dibekap Brighton and Hove Albion 1-3. Menerapkan formasi 4-3-3 dalam menghadapi Muenchen dapat menjadi opsi buat Ten Hag,'' demikian laporan Manchester Evening News, Rabu (20/9/2023).

Prediksi serupa juga diungkapkan Evening Standard dalam laporan teranyarnya. Dengan opsi pemain yang dimilikinya saat ini, cukup masuk akal buat eks pelatih Ajax Amsterdam itu untuk menerapkan formasi 4-3-3. 

"Formasi 4-4-2 diamond terbukti tidak memberikan solusi buat performa United. Saatnya, Ten Hag beralih ke formasi 4-3-3 yang lebih umum," tulis laporan Evening Standard tersebut

Di lini belakang, Ten Hag sepertinya tidak memiliki banyak opsi. Alih-alih menurunkan bek tengah veteran, Jonny Evans, Ten Hag kemungkinan besar akan menduetkan Victor Lindelof dan Lisandro Martinez sejak menit pertama laga. Di posisi bek sayap, United hanya punya Sergio Reguillon dan Diogo Dalot.

Perubahan personel bisa dilakukan Ten Hag di lini tengah. Casemiro, yang diplot sebagai gelandang bertahan, bisa mendampingi Scott McTominay dan Cristian Eriksen. Baik Eriksen dan McTominay dapat menjalani peran sebagai gelandang tengah, termasuk sebagai gelandang box to box.

Di lini serang, MU bisa mengawali laga dengan menempatkan Bruno Fernandes sebagai sayap kanan. Meski berposisi asli sebagai gelandang serang, Fernandes diketahui cukup mumpuni untuk ditempatkan sebagai winger ataupun penyerang sayap. Dengan begitu, Marcus Rashford bisa menempati posisi sayap kiri, atau posisi awalnya saat mengawali karier di United.

Fernandes dan Rashford bisa mengapit Rasmus Hojlund, yang bakal mengemban tugas sebagai penyerang tengah. Dibanding di dua lini lainnya, di lini serang, Ten Hag masih memiliki cukup banyak opsi pemain.

Facundo Pellistri ataupun Alejandro Garnacho bisa diturunkan sebagai pemain pengganti di pertengahan laga. Pun dengan kemungkinan menurunkan Hannibal Mejbri, yang mencetak satu-satunya gol MU di laga kontra Brighton, sebagai pelapis di lini tengah.

Prediksi Susunan Pemain MU lawan Munchen:

Onana (PG); Reguillon, Lindelof, Martinez, Dalot; Casemiro, Eriksen, McTominay; Fernandes, Hojlund, Rashford

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement