Rabu 20 Sep 2023 19:37 WIB

Bali United Taklukkan Stallion Laguna 5-2 di Piala AFC

Lawan selanjutnya Bali United di Piala AFC adalah wakil dari Malaysia, Terengganu.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bali United menaklukkan Stallion Laguna FC dengan skor 5-2 pada laga perdana Piala AFC 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Binan, Provinsi Laguna, Filipina, Rabu (20/9/2023).

“Ini awal yang bagus untuk memulai kompetisi. Kami menang dalam laga tandang,” kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan, dipantau secara virtual di Denpasar, Rabu.

Baca Juga

Kemenangan awal klub wakil Indonesia itu di Piala AFC menjadi penyemangat setelah dua laga beruntun di Liga 1 Indonesia 2023/2024, Bali United memetik hasil yang buruk yang kalah dari PSIS Semarang dan Rans Nusantara FC.

Pelatih asal Brasil itu mengapresiasi kerja keras timnya mencetak gol meski menghadapi tantangan yakni lapangan di Stadion Binan menggunakan rumput sintetis yang wanti-wanti ia tekankan kepada tim untuk diwaspadai. “Kami di Liga Indonesia tidak bermain menggunakan rumput itu, jadi di Bali kami berupaya berlatih menggunakan rumput buatan sehingg tim bisa merasakannya, ini sangat berbeda,” imbuhnya.

Bali United terbiasa menggunakan rumput alami, sehingga Ilija Spasojevic dan kawan-kawan berlatih ekstra menggunakan rumput buatan untuk penyesuaian sebelum berlaga. Meski meraih poin di kompetisi kasta kedua di tingkat Asia itu, pelatih yang biasa disapa Coach Teco itu memuji tim tuan rumah. “Kami pelajari tim lawan juga, mereka punya beberapa pemain dengan kualitas bagus,” ucapnya.

Sementara itu, gol melalui Ilija Spasojevic menjadi pembuka kemenangan Bali United pada menit ke-27. Dua menit berselang, tim lawan kemudian membalasnya dari kaki Ngong Sam pada menit ke-29 yang menyepak bola hingga bersarang di gawang Bali United. Haudi Abdillah pada menit ke-33 kembali mempersembahkan gol bagi Bali United dan unggul 2-1 pada babak pertama hingga turun minum.

Kemudian pada babak kedua, Mohammad Rashid yang awalnya duduk di bangku cadangan kemudian masuk menggantikan Made Tito, mempersembahkan gol ketiga pada menit ke-53.

Serdadu Tridadu kembali mencetak gol pada menit ke-70 setelah kiper tim lawan yakni Pepito tak bisa mengantisipasi sepakan Rahmat yang masuk tim inti menggantikan Irfan Jaya. Gol kelima dari Ilija Spasojevic pada menit ke-73 menyempurnakan skor Bali United.

Meski di atas angin, Coach Teco kemudian memasukkan tiga pemain sekaligus pada menit ke-79, yakni Yabes Roni, Gede Sunu, dan Ramdani Lestaluhu menggantikan Eber Bessa, Kadek Agung, dan Privat Mbarga.

Mendekati menit terakhir, Stallion Laguna mencetak gol keduanya melalui sepakan Abraham Placito pada menit ke-88 yang memperkecil ketertinggalan.

Usai dari Filipina, Bali United akan terbang ke Jakarta menghadapi Persija Jakarta melanjutkan laga domestik pada pekan ke-13 Liga 1 Indonesia.

Sedangkan lawan selanjutnya Bali United di Piala AFC adalah wakil dari Malaysia, Terengganu. Laga dijadwalkan pada 4 Oktober 2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement