Kamis 21 Sep 2023 14:48 WIB

Pimpin Liverpool di Liga Europa, Klopp Teringat Musim Debut Bersama The Reds

Liverpool terakhir berlaga di Liga Europa pada musim 2015/2016.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Foto: Tim Markland/PA via AP
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LINZ -- Liverpool harus menerima bermain di Liga Europa karena finis di peringkat lima Liga Primer Inggris musim lalu. Ini menjadi kali kedua the Reds tampil di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa tersebut dalam delapan musim terakhir.

Liverpool terakhir berlaga di Liga Europa pada musim 2015/2016. The Reds, yang masih diperkuat Kolo Toure, Phillipe Coutinho, dan Roberto Firmino, tampil impresif di sepanjang turnamen dengan melaju ke babak final. Namun, di partai puncak yang digelar di Stadion Saint Jakop-Park, Basel, The Reds dipaksa mengakui keunggulan Sevilla 1-3. 

Baca Juga

Buat pelatih Liverpool Jurgen Klopp musim 2015/2016 rasanya cukup spesial. Pasalnya, itu merupakan musim debutnya menangani Liverpool. Pelatih asal Jerman itu dipercaya menggantikan Brendan Rodgers sebagai pelatih The Reds pada Oktober 2015.

Jelang langkah awal Liverpool di pentas Liga Europa musim ini, Klopp kembali teringat kiprahnya pada musim debut di Liverpool. Klopp pun mengaku terkejut dengan keberhasilan Liverpool melaju hingga ke babak final Liga Europa pada akhir musim 2015/2016.

"Pada tahun pertama saya di tim ini, saya merasa Liga Europa terlalu berlebihan buat kami hingga akhirnya bisa melaju ke babak final. Kami harus tampil tiap tiga hari sekali. Saya kira, kami mulai tampil apik di babak perempat final dan semifinal," ujar Klopp seperti dilansir laman resmi klub, Kamis (21/9/2023).

Sejak ditangani Klopp, Liverpool terbukti mampu meraih berbagai kesuksesan. Tidak hanya soal raihan Liga Champions, eks pelatih Borussia Dortmund itu juga berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Primer Inggris, trofi Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Dunia Antarklub. 

Dengan sederet pengalaman bersaing di level tertinggi tersebut dalam beberapa musim terakhir, Liverpool pun disebut menjadi salah satu kandidat terkuat peraih gelar juara Liga Europa musim ini. Klopp pun tidak menampik soal target di Liga Europa musim ini.

"Kami di sini untuk bisa bersaing, tidak hanya sekadar memberikan kesempatan pemain mendapatkan menit tampil. Kami menganggap serius kompetisi ini. Dibanding terakhir kali tampil di kompetisi ini, kami memiliki persiapan lebih baik. Kami akan lebih menikmatinya. Kami harus termotivasi dan antusias untuk tampil di kompetisi ini,'' ujar Klopp.

Lawatan ke klub asal Austria, LASK, menjadi langkah awal Liverpool di Liga Europa musim ini, Kamis (21/9/2023) malam WIB. Selain LASK, Mohamed Salah dan kawan-kawan akan bersaing dengan Union Saint-Gillon dan Toulouse di babak penyisihan Grup E Liga Europa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement