Kamis 21 Sep 2023 15:57 WIB

Babak Pertama, Indonesia Ditahan Imbang China Taipei tanpa Gol

Indonesia kesulitan membongkar pertahanan disiplin China Taipei.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Foto: Dok. PSSI/NOC
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Timnas sepak bola Indonesia U-24 kesulitan menghadapi permainan disiplin China Taipei pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zhejiang Normal University East, Kamis (21/9/2023). Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

China Taipei bermain menunggu di area pertahanan mereka sambil menanti kesempatan serangan balik. Rapatnya jarak antarpemain membuat Egy Maulana Vikri dkk sulit mendapatkan celah menembus pertahanan China Taipei. 

Baca Juga

Lawan juga sesekali keluar memberikan tekanan saat serangan mereka dipatahkan Rizky Ridho dkk. Namun, kebanyakan China Taipei menunggu di daerah mereka tanpa melewati garis tengah saat Indonesia menguasai bola.

Serangan pertama diberikan China Taipei pada laga ini. Ancaman berhasil mereka ciptakan pada menit ketiga. Pemain nomor 8 Wu Yen Shu lepas dari penjagaan pemain belakang Indonesia dan mencoba mengejar umpan terobosan di sisi kanan serangan. Namun, aksinya masih bisa dihentikan dan menghasilkan lemparan ke dalam.

Pada menit ketujuh, Alfeandra Dewangga mengeksekusi tendangan bebas dari pelanggaran terhadap Egy tak jauh dari kotak penalti. Namun, bola tepat ke pelukan kiper Chiu Yu Hung.

China Taipei kembali menebar ancaman pada menit ke-13 dari sisi kiri hingga menembus area kotak penalti. Peluang tercipta saat bola terangkat ke depan gawang Indonesia. Namun, Adi Satryo melakukan penyelamatan penting dengan memenangkan duel dengan Li Wei Chien. 

Indonesia mencoba mempertahankan penguasaan bola lebih lama. Namun, tim Merah Putih kesulitan menembus pertahanan China Taipei yang solid. Percobaan dilakukan Egy Maulana pada menit ke-19 saat menerima bola liar dari luar kotak penalti. Namun, upaya tersebut masih meleset di atas mistar gawang.

Peluang emas dimiliki Bagas Kaffa pada menit ke-22. Pemain Barito Putera itu bermanuver di kotak penalti lawan sebelum kemudian melepaskan tembakan yang mengarah langsung ke gawang tapi itu masih dapat diblokir oleh Chiu Yu Hung dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Situasi berbahaya bagi gawang Indonesia terjadi pada menit ke-28. Itu berawal dari kesalahan di lini pertahanan Indonesia, yang kurang sempurna saat membuang bola yang malah memantul ke area pertahanan sendiri. Po Liang mengeksekusi bola ke gawang tapi beruntung bisa ditepis. 

Ananda Raehan punya peluang emas di menit ke-41 ketika ia melepaskan tembakan langsung saat menerima umpan tarik di luar kotak penalti. Namun, tembakan Raehan masih mengarah tepat ke kiper. 

Berikut susunan pemain kedua tim:

China Taipei (3-5-2) : Chiu Yu Hung (kiper); Wang Yi You, Lianh Meng-Hsin, Fang Li Peng; Tu Shao Chieh, Wu Yen Shu, Yu Yao Hsing, Wen Chih Hao, Chin Wen Yen; Chen Po Liang, Lin Wei Chien

Pelatih: Chen Jiunn Ming

Indonesia (4-4-3): Muhammad Adi Satryo (kiper); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Muhammad Haykal Al Hafiz; Ananda Raehan, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Titan Agung Bagus, Ramai Rumakiek 

Pelatih: Indra Sjafri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement