Selasa 26 Sep 2023 18:46 WIB

Ini Profil Klub Elite Korsel, Suwon FC, yang Incar Pratama Arhan

Pada 2010, Suwon FC pernah menjadi juara Liga Korsel.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan yang diincar klub Korea Selatan (Korsel) dari K-League 1, Suwon FC.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan yang diincar klub Korea Selatan (Korsel) dari K-League 1, Suwon FC.

REPUBLIKA.CO.ID, SUWON -- Bek sayap kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan, ramai menjadi perbincangan netizen setelah muncul laporan dari media Korea Selatan (Korsel) yang menyebut klub K-League 1, Suwon FC, tertarik merekrut Arhan. Suami dari Azizah Salsa yang sebelumnya memperkuat klub Jepang, Tokyo Verdy, ini kini berstatus bebas transfer.

"Suwon FC hampir merekrut pemain Indonesia, Pratama Arhan. Kesepakatan telah dicapai dengan Arhan yang berstatus bebas transfer. Detailnya akan segera diselesaikan dan diumumkan," demikian pernyataan Suwon FC, dilansir dari SportChosun, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Seperti apa profil Suwon FC?

Suwon FC didirikan pada 2003 silam. Klub ini baru promosi ke K-League pada tahun 2013. Sebelum terbentuk sebagai klub profesional pada 2013, Pemerintah Kota Suwon memutuskan membentuk klub semi profesional.

Trofi pertama Suwon diraih pada 2004 yakni menjuarai Turnamen Sepak Bola Piala Presiden Korea. Perlahan, Suwon menjadi pesaing kuat di Liga Nasional Korea saat mencapai babak play-off sebanyak empat kali antara 2005-2009.

Pada 2010, Suwon FC menjadi juara liga setelah mengalahkan Daejeon Korea Hydro & Nuclear Power dengan agregat 2-1 di partai final. Pada 9 Desember 2012 diumumkan bahwa klub tersebut sepenuhnya akan menjadi klub profesional dan diterima bergabung dengan K League Profesional.

Musim ini, Suwon FC duduk di posisi ke-10 klasemen sementara. Suwon mengumpulkan 29 poin dari 31 pertandingan. Musim lalu, Suwon FC finis di urutan ketujuh klasemen akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement