Kamis 28 Sep 2023 07:03 WIB

Pernah Tampil 2 Kali di Asian Games, Kiper Persija Ini Doakan Timnas U-24 Lolos 8 Besar

Pada dua edisi sebelumnya, perjalanan timnas Indonesia terhenti di babak 16 besar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Kiper Persija Jakarta yang juga mantan kiper timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.
Foto: Dok Media Persija
Kiper Persija Jakarta yang juga mantan kiper timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper sekaligus kapten Persija, Andritany Ardhiyasa, mendoakan agar timnas Indonesia U-24 bisa lolos ke delapan besar dengan menaklukkan Uzbekistan U-24 pda babak 16 besar yang akan berlangsung pada Kamis (28/9/2023) sore WIB. Andritany merupakan pemain yang pernah mencicipi dua edisi Asian Games sebelumnya.

Pada Asian Games 2014, Andritany dipercaya pelatih Aji Santoso menjadi kiper utama skuad Garuda Muda. Selain itu ada pula pemain Persija lainnya, yaitu Dany Saputra dan Ramdani Lestaluhu, yang berjuang bersama Andritany.

Baca Juga

Di Asian Games 2018, Andritany kembali dipercaya mengisi posisi penjaga gawang oleh pelatih timnas saat itu, Luis Milla, bersama Rezaldi Hehanusa. Indonesia yang tampil sebagai tuan rumah tampil impresif kala itu.

Andritany pun menceritakan selama mengikuti dua edisi Asian Games dirinya bertemu banyak pemain hebat.

"Kita tahu semua, Asian Games merupakan kompetisi pemain-pemain muda potensial berkumpul. Saya pun pernah merasakan dua Asian games, 2014 dan 2018, pada saat itu timnas bertemu banyak pemain hebat. Banyak juga pemain muda Asia pada saat itu yang akhirnya mempunyai karier sangat bagus," kata Andritany dikutip dari laman resmi klub, Kamis (28/9/2023).

Pada dua edisi tersebut, perjalanan Indonesia terhenti di babak 16 besar. Pada 2014, timnas harus tunduk dari Korea Utara dengan skor 1-4. Sedangkan pada 2018, timnas kalah adu penalti ketika melawan Uni EmirateArab setelah imbang 2-2 di waktu normal.

Pada Asian Games edisi kali ini, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu, dan Dony Tri Pamungkas menjadi perwakilan Persija membela timnas Asian Games. Skuad Garuda Muda berhasil lolos dari Grup F sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Usai lolos ke babak 16 besar, timnas akan berhadapan dengan Uzbekistan di Stadion Shangcheng Sport Centre, Hangzhou, Cina, pada Kamis (28/9/2023) pukul 15.30 WIB. Andritany berharap ketiga pemain Persija bisa membawa timnas menembus delapan besar Asian Games.

"Sekarang ada tiga pemain muda Persija yang akan berjuang di babak 16 besar Asian Games, yaitu Ridho (Rizky), Abimanyu (Syahrian), dan Dony (Tri Pamungkas). Semoga mereka bertiga bisa melewati babak 16 besar di mana pada dua edisi sebelumnya timnas tidak berhasil maju ke perdelapan final," kata Andritany berharap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement