Kamis 28 Sep 2023 18:11 WIB

Langkah Timnas Indonesia U-24 Dihentikan Uzbekistan U-24 di Sepak Bola Asian Games

Sherzod Esanov memborong dua gol kemenangan Uzbekistan U-24.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-24
Foto:

Uzbekistan langsung memberikan ancaman sejak menit awal babak kedua. Peluang bagi Young White Wolves melalui serangan yang dibangun dari tengah. Bola berhasil mencapai kotak penalti Indonesia tapi beruntung percobaan ke gawang berhasil diblokir di area pertahanan. 

Ernando melakukan penyelamatan penting dari tendangan bebas di menit ke-52 yang dilepaskan Jasurbek tak jauh dari kotak penalti. Tembakan kaki kiri mengarah langsung sisi kanan atas gawang berhasil diblokir Ernando. 

Pada menit ke-57 Khusain Norchaev gagal memaksimalkan peluang emas di depan gawang saat dua pemain bertahan Indonesia sudah terkecoh. Penyelesaian akhir Khusain masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Indonesia. Dua menit berselang, peluang Ibragimov juga masih meleset. 

Gelombang serangan terus dilancarkan Uzbekistan, membuat Indonesia kesulitan untuk keluar dari area pertahanan sendiri. Beberapa percobaan dilakukan Garuda Nusantara melalui serangan balik tapi belum ada ancaman berarti yang bisa ditujukan Indonesia ke gawang Uzbekistan. 

Peluang kembali dimiliki Uzbekistan di menit ke-76 saat mereka membangun serangan dari bawah saat situasi serangan balik. Jaloliddinov kembali melalukan penyelesaian akhir tapi tandukannya masih meleset tipis di sisi kanan gawang Ernando Ari. 

Andi Setyo melakukan penyelamatan penting saat memblokir tembakan Uzbekistan saat Ernando sudah meninggalkan posisinya di menit ke-82. Gempuran masih belum berhenti bagi pertahanan Garuda Nusantara. 

Tembakan ke gawang pertama baru bisa dilakukan Indonesia di menit ke-84 dari percobaan Taufany di luar kotak penalti. Ini menunjukkan secercah harapan bagi Indonesia. Selain itu, Indra Sjafri juga memutuskan untuk mengganti Egy dengan Hugo Samir untuk membuat perbedaan di lini depan.

Tambahan waktu lima menit tidak mengubah kedudukan 0-0. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Uzbekistan dengan cepat memetik keunggulan melalui situasi tendangan sudut pada menit ke-92. Sherzod Esanov, pemain pengganti yang baru masuk, berhasil membuat perbedaan. Sepakan kaki kiri dari bola kemelut situasi tendangan sudut gagal diantisipasi oleh Ernando. Skor 1-0 untuk Uzbekistan. 

Indonesia berusaha menyerang lebih maksimal di perpanjangan kedua. Garuda Muda berhasil menyarangkan bola ke gawang di menit ke-109. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside sebelum tendangan bebas dilepaskan oleh Rizky Ridho. 

Dalam posisi tertinggal, Indonesia justru harus kehilangan Hugo Samir yang diganjar kartu kuning kedua di menit ke-113. Uzbekistan yang unggul mencoba membuang-buang waktu. Esanov menggandakan keunggulan di menit ke-120 saat menerima umpan dari Yuldoshev. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement