Jumat 29 Sep 2023 05:21 WIB

Gagal Tambah Emas, Peringkat Medali Indonesia di Asian Games 2022 Anjlok

Medali perak Samuel Marbun jadi perolehan terbaik kontingen Indonesia pada Kamis.

Presiden RI Joko Widodo saat melepas kontingen Indonesia ke Asian Games 2022 Hangzou, Cina.
Foto: Setpres
Presiden RI Joko Widodo saat melepas kontingen Indonesia ke Asian Games 2022 Hangzou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen Indonesia pada pertandingan hari kelima Asian Games 2022 di Hangzhou Cina, Kamis (28/9/2023), belum dapat menambah perolehan medali emas dari nomor-nomor final dalam sejumlah cabang olahraga.

Sementara itu, tuan rumah Cina terus mendulang medali yang memperkuat posisinya dalam peringkat teratas pesta olahraga antarbangsa Asia tersebut.

Baca Juga

Dalam data klasemen medali hingga Kamis pukul 23.00 WIB, kontingen Cina sudah mengoleksi 90 medali emas, 51 perak, dan 26 perunggu. Posisi Cina sangat jauh di atas peringkat kedua Korea Selatan yang mengumpulkan 24 emas, 23 perak. dan 39 perunggu.

Kemudian Jepang berada di peringkat ketiga sementara dengan 18 medali emas, 30 perak, dan 30 perunggu. Ketiga negara tersebut tetap mempertahankan tradisi sebagai tiga besar terkuat dalam olahraga Asia.

Di bawah ketiganya, persaingan memperebutkan medali masih cukup sengit dan saling susul menyusul, dengan perbedaan medali yang tidak terlalu besar.

Uzbekistan, India, dan Thailand sama-sama meraih enam medali emas. Namun Uzbekistan unggul dalam jumlah perak dan perunggu sehingga berada di urutan empat.

Indonesia sendiri yang hari sebelumnya bercokol di peringkat ketujuh, dengan tidak adanya tambahan medali emas, maka sementara harus terlempar dari sepuluh besar.

Kontingen Merah Putih kini berada di urutan ke-12 dengan tiga medali emas, tiga perak, dan 10 perunggu. Peringkat Indonesia masih berada di atas negara Asia Tenggara lainnya yakni Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Di antara cabang olahraga yang melibatkan atlet-atlet Indonesia pada pertandingan sepanjang hari Kamis adalah menembak, wushu, renang, tenis, sepak takraw, balap sepeda, sepak bola, dan hoki.

Salah satu peluang yang sangat diharapkan untuk menambah pundi-pundi medali emas bagi kontingen Indonesia sebenarnya adalah pada cabang wushu di mana atlet Indonesia Samuel Marbun berhadapan dengan atlet Iran Samiroumi Elaheh Mansoryan.

Pada pertandingan final sanda 65 kilogram putra yang berlangsung di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou itu, Samuel harus mengakui keunggulan lawannya 0-2. Meskipun hanya mendapat medali perak, namun pencapaian atlet asal Sumatra Utara itu harus diapresiasi mengingat ia telah melewati babak-babak penyisihan yang ketat.

Selain itu, medali perak Samuel Marbun setidaknya menjadi perolehan terbaik kontingen Indonesia pada Kamis karena sebagai perak satu-satunya, sementara yang lain hanya perunggu.

Tambahan tiga medali perunggu bagi Indonesia masing-masing melalui cabang sepak takraw beregu putri, menembak nomor running target 10 meter putri, dan pasangan ganda putri Aldila Sutjiadi dan Janice Tjen di cabang tenis.

Tim sepak takraw regu putri Indonesia berhak meraih perunggu bersama dalam Asian Games Hangzhou setelah takluk 0-2 di tangan Korea Selatan pada babak semifinal yang berlangsung di Jinhua Sports Centre Gymnasium .

Di arena menembak di mana Indonesia pada hari sebelumnya sudah mengoleksi dua medali emas, kali harus puas dengan tambahan satu medali perunggu.

Trio petembak putri Indonesia yakni Feny Bachtiar, Nourma Try Indriani, dan Rica Nensi Perangin Angin yang tampil di nomor 10m running target berhasil mengumpulkan total poin 1604-31x (31 tepat sasaran di tengah). Namun angka yang mereka kumpulkan masih di bawah skor dari tim Korea Utara yang meraih medali emas dan tim Kazakhstan yang meraih perak.

Di lapangan tenis Hangzhou Olympic Sports Centre itu, pasangan ganda putri Indonesia Aldila Sutjiadi dan Janice Tjen harus mengakui keunggulan pasangan Taiwan Hao-ching Chan/Yung-jan Chan 2-6, 2-6 pada laga yang berlangsung selama satu jam 17 menit.

Pada cabang lainnya yang dipertandingkan hari Kamis, para atlet Indonesia gagal meraih podium. Di antaranya pada cabang balap sepeda di mana Bernard Benjamin Van Aert membuang peluang meraih medali nomor omnium putra Asian Games Hangzhou setelah hanya mampu finis peringkat sembilan.

Di arena renang Hangzhou Olympic Sports Centre, juga belum ada kabar baik dari atlet-atlet Indonesia yang tampil seperti Joe Aditya Wijaya Kurniawan di nomor 50m gaya kupu-kupu putra, Muhammad Dwiky Rahardjo di nomor 200m gaya dada putra, dan Nicholas Karel Subagyo di nomor 800m gaya bebas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement