Senin 02 Oct 2023 14:49 WIB

Lini Belakang MU Bakal Ditinggal Sang Tukang Jagal dari Amsterdam

Martinez diketahui belum pulih sepenuhnya dari cedera patah tulang metatarsal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Manchester United (MU) Lisandro Martinez ditandu keluar lapangan setelah dibekap cedera.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Bek Manchester United (MU) Lisandro Martinez ditandu keluar lapangan setelah dibekap cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Ruang perawatan pemain Manchester United (MU) sepertinya akan mendapatkan anggota baru. Adalah bek tengah asal Argentina, Lisandro Martinez, yang dikabarkan bakal menepi setidaknya selama tiga bulan atau hingga awal tahun depan karena harus menjalani operasi medis.

Pemain berjuluk Tukang Jagal dari Amsterdam itu diketahui mengalami cedera tulang metatarsal di kaki kananya. Akibat cedera tersebut, Martinez terpaksa absen di tiga laga terakhir Iblis Merah di semua ajang, termasuk saat kalah, 0-1, dari Crystal Palace di Stadion Old Trafford, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis teranyar, Martinez diketahui belum pulih sepenuhnya dari cedera patah tulang metatarsal kelima di kaki kanan, yang sempat dialaminya pada pertengahan musim lalu. Sempat naik ke meja operasi, Martinez juga diketahui menggunakan penghilang rasa sakit untuk mengatasi cedera tersebut.

''Martinez dijadwalkan akan menjalani operasi medis kedua untuk mengatasi cedera tersebut. Rencananya, Martinez akan melakoni operasi medis pada awal pekan ini,'' tulis laporan Manchester Evening News, Senin (2/10/2023).

Bek tengah asal Argentina itu mulai mengalami cedera patah tulang metatarsal kala Man United menghadapi Sevilla di babak perempat final Liga Europa, April 2023. Martinez pun sempat menjalani operasi dan absen pada sisa musim lalu. Mantan bek tengah Ajax Amsterdam itu akhirnya kembali memperkuat Iblis Merah pada awal musim ini.

Kendati begitu, cedera Martinez justru kembali kambuh. Pemulihan cedera patah tulang metatarsal tersebut tidak berjalan secara sempurna. Alhasil, Martinez akan kembali naik ke meja operasi. Untuk bisa sepenuhnya pulih, pemain berusia 25 tahun itu diperkirakan absen membela Iblis Merah selama tiga bulan mendatang.

Sebelumnya, pelatih Man United, Erik ten Hag, sempat mengungkapkan kekhawatirannya soal kemungkinan absennya Martinez. ''Kami telah melakukan diagnosis, tidak hanya di sini, tapi juga di Argentina. Ternyata kami menemukan masalah. Dia tidak pernah berada dalam kondisi 100 persen fit,'' kata Ten Hag seperti dilansir Manchester Evening News, akhir pekan lalu.

Pelatih asal Belanda itu pun mengakui, kehilangan Martinez dapat menjadi pukulan besar buat Iblis Merah. Meski baru dua musim membela MU, eks bek tengah Newell's Old Boys itu sudah menjadi salah satu andalan di jantung pertahanan. Agresivitas dalam mengawal penyerang lawan menjadi salah satu ciri khas permainan Martinez.

''Dia menjadi salah satu kontributor terbesar dalam peningkatan permainan tim ini. Apabila kami kehilangan salah satu pemain atau pemain tersebut mengalami penurunan level performa, hal tersebut akan berimbas pada permainan tim ini secara keseluruhan,'' ujar Ten Hag menjelaskan.

Martinez menambah panjang daftar pemain Man United yang tengah mengalami cedera. Salah satu penggawa Argentina kala merengkuh titel Piala Dunia 2022 itu akan menemani Luke Shaw dan Tyrel Malacia yang membutuhkan waktu cukup lama dalam proses pemulihan cedera.

Selain itu, Man United juga sudah kehilangan Aaron Wan-Bissaka dan Sergio Reguillon yang diklaim bisa pulih lebih cepat dibanding tiga pemain tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement