Selasa 03 Oct 2023 13:03 WIB

Anthony Ginting Sebut Kunci Kemenangannya di Laga Perdana Asian Games 2022

Persiapan mental yang lebih matang menjadi kunci kemenangan Ginting.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengatakan, persiapan mental yang lebih matang menjadi kuncinya memenangkan babak pertama nomor perseorangan Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

“Kemarin ada 2-3 hari (setelah nomor beregu putra), kami kembali menyiapkan segala sesuatunya, bukan hanya latihan teknik tapi juga fokusnya, mentalnya, dan mood-nya,” kata Ginting dikutip dari keterangan singkat PBSI, Selasa (2/10/2023).

Baca Juga

Adapun Ginting berhasil lolos ke babak kedua setelah menang atas wakil Taiwan Wang Tzu Wei, 21-16, 21-11, di babak 32 besar.

Ginting yang turun sebagai unggulan pertama pada Asian Games edisi ke-19 itu mengatakan, ia hanya mencoba untuk fokus dan tenang dalam menerapkan strategi yang sudah ia susun bersama pelatih dan tim.

“Hari ini coba langsung fokus menerapkan dan mematangkan strategi yang sudah dirancang dari sebelum bertanding. Dan kami berdua sudah sering bertemu juga jadi kurang lebih sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing,” kata Ginting.

Saat disinggung mengenai apakah kekalahan tim beregu Indonesia beberapa waktu lalu memengaruhi pola pikirnya di nomor individu, tunggal putra peringkat dua dunia itu mengatakan tidak ingin membuat hal tersebut menjadi beban yang berlarut-larut.

“Saya dan tim kan sudah terbiasa mengikuti turnamen back to back jadi ketika di turnamen pertama hasilnya kurang memuaskan harus cepat-cepat move on di turnamen berikutnya,” kata Ginting menjelaskan. “Kalau saya pribadi tidak terlalu terganggu dengan kekalahan di beregu karena saya tahu semua sudah mencoba yang terbaik.”

Ginting pun tak menampik bahwa persiapan tim di nomor beregu kurang maksimal. Namun, belajar dari hal itu, Ginting bisa beradaptasi dan mempersiapkan diri lebih baik di nomor perseorangan.

“Dari pertandingan pertama di beregu kemarin jujur belum bisa terlalu in juga, dari pergerakan dan pukulan tidak senyaman hari ini. Hari ini mungkin karena sudah ada adaptasi dari sana, lebih enak mainnya. Semoga dari dua pertandingan ini, ke depan bisa lebih baik lagi,” ujar Ginting.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement