Selasa 03 Oct 2023 14:36 WIB

Rifda Irfanaluthfi Cetak Sejarah, Pesenam Pertama Indonesia Lolos ke Olimpiade

Rifda mendapat jatah tiket realokasi dari Prancis setelah tampil di Kejuaraan Dunia.

Pesenam artistik Indonesia Rifda Irfanaluthfi.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pesenam artistik Indonesia Rifda Irfanaluthfi.

REPUBLIKA.CO.ID, ANTWERP -- Rifda Irfanaluthfi mencetak sejarah. Pesenam artistik Indonesia ini mengamankan tiket tampil di Olimpiade 2024 Paris. Rifda menjadi pesenam pertama Indonesia yang lolos ke pesta olahraga terakbar dunia itu.

Kepastian Rifda ditorehkan pada Senin (2/10/2023) malam di Antwerp Belgia saat tampil pada Kejuaraan Senam Dunia 2023. Rifda mendapatkan tiket realokasi karena tuan rumah Prancis telah mendapatkan tiket lebih dulu melalui beregu putri.

Baca Juga

Rifda mendapatkan tiga emas di SEA Games 2023. Ia absen di Asian Games karena turun di Kejuaraan Senam Dunia di Belgia. Kerja keras Rifda akhirnya terbayar.

Dikutip dari laman Olympics.com, daftar lengkap negara-negara yang telah mendapatkan kuota ke Paris adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Republik China, Brasil, Italia, Belanda, Prancis, Jepang, Australia, Rumania, dan Republik Korea. Jerman, Meksiko dan Hungaria masing-masing mendapatkan satu tempat kuota setelah masing-masing menempati posisi ke-13, 14 dan 15.

Kaylia Nemour (Aljazair), Pauline Schäfer (Jerman), Alexa Moreno (Meksiko), Filipa Martins (Portugal), Aleah Finnegan (Filipina), Lili Czifra (Hungaria), Alba Petisco (Spanyol), Anna Lashchevksa (Ukraina), Lena Bickel (Swiss), Hillary Heron (Panama), Caitlin Rooskrantz (Afrika Selatan), Sona Artamonova (Ceko), Lihie Raz (Israel), dan Lucija Hribar (Slovenia) mendapatkan jatah kuota perorangan. Sementara Rifda mendapatkan tiket realokasi.

Secara keseluruhan, 94 pesenam ritmik akan berkompetisi di Paris 2024 - 24 atlet perorangan dan 14 kelompok (lima atlet per kelompok). Jumlah ini lebih sedikit dua atlet dari Tokyo 2020 yang mempertandingkan 26 atlet perorangan.

Sebagai negara...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement