Selasa 03 Oct 2023 17:23 WIB

Trofi Piala Dunia U-17 2023 akan Dipamerkan di 4 Kota Tuan Rumah

Trofi akan mulai dipertontonkan ke khalayak luas di Jakarta pada 15 Oktober.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kanan) saat pengumuman Official Broadcaster Piala Dunia U-17 2023.
Foto:

Antusias

Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya amat antusias menyongsong acara ini. Mereka menilai trofi Piala Dunia U-17 2023 bakal menjadi magnet baru bagi wisatawan. Trofi tersebut akan diletakkan di tempat-tempat ikonik, salah satunya adalah Alun-Alun Surabaya. Selain Alun-Alun Surabaya, trofi Piala Dunia U-17 juga akan diletakkan di Taman Surya. 

"Kami berharap, kehadiran trofi Piala Dunia U-17 ini bisa menjadi pemantik semangat bagi anak-anak muda Kota Pahlawan. Spiritnya adalah bagaimana anak-anak muda di Surabaya, baik itu SMP, SMA itu benar-benar memiliki spirit dengan adanya turnamen sepak bola level dunia ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati dalam keterangannya. 

Pemerintah Kota Surabaya juga berharap Piala Dunia U-17 2023 dapat menjadi ajang promosi pariwisata Kota Pahlawan. Surabaya saat ini tengah bersolek jelang Piala Dunia U-17 2023. Ibu Kota Jawa Timur ini akan menjadi home base Timnas Indonesia U-17 di penyisihan Grup A. Tim Garuda Muda akan bersaing bersama Panama, Ekuador, dan Maroko. 

Suporter fanatis Tim Merah-Putih dari berbagai penjuru nusantara diyakini akan menyerbu Kota Pahlawan untuk memberi dukungan langsung ke tim asuhan Bima Sakti.

Pemkot Solo tak mau ketinggalan menyongsong hajatan Trophy Experience. Pameran piala akan digelar berbarengan dengan Solo Car Free Day, Ahad (5/11/2023). Acara seremoni akan dibuat meriah, melibatkan tak kurang dari 2.000 penggiat sepak bola, SSB, dan kelompok suporter.

"Trophy experience akan diawali pawai trofi yang kemudian diikuti acara seremonial dari FIFA dan Pemkot Solo. Kami menyiapkan atraksi budaya," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Solo, Rini Kusumandari.

Mulai 25 Oktober Pemkot Solo akan mengosongkan kawasan Stadion Manahan dan lapangan pendamping yang akan dipakai di Piala Dunia U-17 dari pedagang kaki lima sesuai instruksi FIFA. Area akan steril hingga 5 Desember. Perwakilan FIFA mulai berkantor di stadion yang menjadi markas klub Persis Solo itu terhitung mulai 27 Oktober.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement