Kamis 05 Oct 2023 10:29 WIB

Tim Perahu Naga Indonesia Sumbang Medali Lagi, Kali Ini 2 Perak dari Nomor 500 Meter

Medali emas final nomor 500 meter putra dan putri direbut tim tuan rumah, Cina.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Timnas perahu naga Indonesia/ilustrasi.
Foto: Republika/ Wihdan
Timnas perahu naga Indonesia/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Tim nasional (timnas) perahu naga kembali menyumbang medali buat kontingen Indonesia di gelaran Asian Games 2022 Hangzhou Cina. Tim perahu naga Indonesia berhasil merebut medali perak usai finish di tempat kedua dalam partai final nomor 500 meter putra dan putri, Kamis (5/10/2023) pagi WIB.

Dalam laga final yang digelar di Wenzhou Dragon Boat Center, baik tim perahu naga putra ataupun putri Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah, Cina. Di nomor 500 meter putra, Indonesia sebenarnya sudah mengawali laga dengan baik dan terus berada di urutan terdepan.

Baca Juga

Namun, pada 10 meter terakhir lomba, tim perahu naga putra Cina langsung melesat dan melampaui Indonesia dengan catatan waktu dua menit 9,152 detik. Bahkan, Indonesia hanya terpaut 0,13 detik dan akhirnya puas mengakhiri lomba di peringkat kedua serta meraih medali perak.

Kendati gagal meraih medali emas, raihan medali perak di nomor 500 meter ini seolah menjadi obat kekecewaan buat tim perahu naga putra Indonesia setelah hanya mampu meraih medali perunggu di nomor 200 meter, Rabu (4/10/2023) kemarin. Kala itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Cina dan Thailand.

Medali perunggu di nomor 500 meter putra direbut oleh Thailand dengan catatan waktu dua menit 9,822 detik atau terpaut 0,67 detik dari pemenang lomba. Sementara posisi keempat ditempati oleh Korea Utara, diikuti Myanmar, dan Korea Selatan.

Raihan medali perak juga ditorehkan tim perahu naga putri Indonesia dari nomor 500 meter. Tim perahu naga putri Indonesia harus mengakui keunggulan tim perahu naga Cina, yang tampil begitu dominan di partai final tersebut. Tim perahu naga putri mencatatkan waktu dua menit 21,36 detik.

Tim perahu naga putri Indonesia tercatat menorehkan waktu dua menit 23,19 detik atau tertinggal sekitar 1,830 detik dari Cina. Hasil ini seolah menjadi ulangan partai final nomor 200 meter putri, kala Cina menyabet medali emas usai mengungguli Indonesia.

Torehan dua medali perak di nomor 500 meter putra dan putri ini tambahan sumbangan medali dari timnas perahu naga buat kontingen Indonesia. Sebelumnya, Rabu (4/10/2023) kemarin, tepatnya di nomor 200 meter, tim perahu naga putra berhasil mendapatkan medali perunggu, sedangkan timnas putri sukses menyabet medali perak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement