Kamis 05 Oct 2023 11:40 WIB

Pengamat Sepak Bola: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Erick di PSSI Sudah Sepantasnya

Erick Thohir diingatkan bahwa pekerjaan rumah urus sepak bola Indonesia masih banyak.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo, menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebut mayoritas publik puas dengan kinerja Erick Thohir selama menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI. Kesit menyebut kepuasan publik itu sesuai dengan fakta yang terlihat di lapangan.

"Masyarakat sudah cukup realistis. Sepak bola itu kan melihatnya gampang, masyarakat pasti melihat dan membandingkan fakta sebelumnya dan fakta yang ada saat ini. Kalau ada progres yang positif bagi sepak bola Indonesia pasti berujung pada bagaimana kepemimpinan dari organisasi PSSI itu sendiri," kata Kesit saat dihubungi, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga

Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.206 responden itu, ditemukan bahwa 80,6 persen dari keseluruhan responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI dengan rincian 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas. Kemudian 91,4 persen yang merupakan penggemar klub sepak bola seperti Persija, Persebaya, Arema, Persib, PSM, dan lain-lain, menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja Erick, dengan 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas.

"Artinya ketika ada perkembangan yang positif dari sepak bola Indonesia apakah kompetisi atau tim nasional, lalu sanksi yang tegas, semuanya memperlihatkan kemajuan pasti imbasnya adalah kepemimpinan di PSSI itu dinilai membaik. Jadi kalau Pak Erick memiliki tingkat kepuasan yang tinggi ya lumrah," ujar Kesit.

Namun, kata Kesit, jika tiba-tiba mengalami penurunan, masyarakat juga akan melihat dan memengaruhi penilaian terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI tersebut. Sebab itu, ia berharap perbaikan demi perbaikan terus ditingkatkan karena pekerjaan rumah mengurus sepak bola Indonesia sangat banyak.

"Maka hasil yang sudah ditunjukkan selama Pak Erick terpilih jadi Ketua Umum PSSI harus terus ditingkatkan. Butuh waktu yang cukup panjang untuk memperbaiki sepak bola Indonesia," ujar Kesit menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement