Kamis 05 Oct 2023 21:43 WIB

Marc Marquez dan Honda Sepakat Berpisah, Tapi Nama Valentino Rossi Terseret-seret

Marquez seolah mengekor karier Rossi yang mantan idolanya itu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi (kiri) dan seteru abadinya, Marc Marquez. Keduanya mengesampingkan rivalitas mereka ketika mengambil bagian dalam sebuah kegiatan amal, Sabtu (1/7/2023).
Foto: EPA-EFE/MANUEL BRUQUE
Valentino Rossi (kiri) dan seteru abadinya, Marc Marquez. Keduanya mengesampingkan rivalitas mereka ketika mengambil bagian dalam sebuah kegiatan amal, Sabtu (1/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teka teki tentang masa depan Marc Marquez telah menemui jalan terang dengan sang rider memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan tim Repsol Honda pada akhir kampanye MotoGP 2023.

Artinya, the Baby Alien mengakhiri kontraknya lebih awal bersama Repsol Honda mengingat ia masih terikat kerja sama dengan tim pabrikan asal Jepang sampai pengujung 2024 mendatang.

Baca Juga

Marquez bakal merapat ke tim satelit Gresini Ducati. Tujuannya hengkang dan merapat yakni demi bisa kembali mendapatkan motor kompetitif.

Pihak Honda Racing Corporation (HRC) sebagai perusahaan induk Repsol Honda sudah merilis keterangan resmi terkait pemutusan kerja sama dengan Marc Marquez pada pengujung MotoGP 2024.

Dengan satu tahun tersisa dari empat tahun, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama setelah kejuaraan dunia MotoGP 2023.

Narasi di atas lintasan Marquez di kelas motor para raja tak ubahnya dengan sang legenda Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo. Ketiga rider tersebut mengawali kiprah di balap MotoGP bersama tim berlogo Sayap.

Sebelumnya, Rossi bergabung dengan tim satelit Nastro Azzurro Honda di kelas 500 cc pada musim 2000/2001. Total empat musim dilahap oleh the Doctor dengan menyabet gelar juara pada 2001, 2002 dan 2003.

Ketika era 500 cc digantikan dengan MotoGP, Rossi turut memutuskan untuk pindah haluan ke tim Garpu Tala Yamaha pada 2004.

Di sisi lain, legenda hidup MotoGP lainnya, Jorge Lorenzo, memiliki kisah sebaliknya dengan Marquez. X-Fuera memulai kiprah di dunia MotoGP bersama Yamaha sebelum bergabung dengan Ducati dan pensiun bersama Honda pada 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement