Jumat 06 Oct 2023 04:24 WIB

Erick Thohir Sukses Memimpin PSSI, Ini Komentar Pengamat Sepak Bola Nasional

Sebanyak 80,6 persen responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Ketua PSSI Erick Thohir menemui official dan para pemain timnas U23 di Star Convention Hotel Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023).
Foto: Dok PSSI
Ketua PSSI Erick Thohir menemui official dan para pemain timnas U23 di Star Convention Hotel Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut mayoritas penggemar sepak bola Tanah Air merasa puas dengan kinerja Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo, menyebut hasil positif yang telah ditunjukkan Erick Thohir selama memimpin PSSI itu harus bisa terus ditingkatkan.

‘’Hasil yang sudah ditunjukkan selama pak Erick Thohir terpilih jadi Ketua umum PSSI itu harus terus ditingkatkan," kata Kesit saat dihubungi Republika, Kamis (5/10/2023). "Karena, butuh waktu yang cukup panjang untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.’’

LSI sebelumnya melakukan survei terhadap 1.206 responden. Hasilnya, sebanyak 80,6 persen responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI. Rinciannya yakni 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas terhadap Erick Thohir yang disebut ketum PSSI berprestasi.

Sebanyak 91,4 persen responden yang mengaku sebagai supporter klub sepak bola Tanah Air, juga menyatakan kepuasannya terhadap kinerja Erick Thohir. Cawapres pilihan anak muda ini mendapat tingkat kepuasan dari suporter, yakni 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas terhadap kinerjanya memimpin PSSI.

Kesit menyebut publik sangat sederhana melihat keberhasilan Erick Thohir dalam membangun sepak bola nasional. Ketika ada perkembangan positif dari sepak bola Indonesia (kompetisi ataupun timnas) yang memperlihatkan kemajuan, maka imbasnya adalah kepemimpinan PSSI saat itu dinilai membaik. 

‘’Jadi, kalau Pak Erick memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, ya lumrah,’’ kata Kesit.

Hal sebaliknya pun demikian. Jika sepak bola nasional tiba-tiba mengalami penurunan, maka masyarakat juga akan menyoroti dan mempengaruhi penilaian kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI. 

Sebab itu, Kesit berharap perbaikan demi perbaikan di bawah kepemimpinan ketua umum PSSI Erick Thohir terus bisa ditingkatkan. Karena, pekerjaan rumah mengurus sepak bola Indonesia sangat banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement