Jumat 06 Oct 2023 07:07 WIB

Alasan Mengapa Pecinta Sepak Bola Puas Terhadap Kinerja Erick Thohir

Sebanyak 71 persen merasa puas terhadap kinerja Erick Thohir dalam membangun timnas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berfoto peserta simposium suporter sepakbola nasional 2023 di Jakarta, Ahad (1/10/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berfoto peserta simposium suporter sepakbola nasional 2023 di Jakarta, Ahad (1/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, mengatakan hasil survei menunjukkan bahwa publik merasa puas terhadap kinerja Erick Thohir memimpin PSSI. Kepuasan publik terhadap ketum PSSI berprestasi ini didorong sejumlah faktor. 

Pertama, sebanyak 77 persen merasa puas terhadap kinerja PSSI dalam membentuk atlet sepak bola berkualitas. Lalu upaya PSSI pimpinan Erick Thohir dalam membentuk timnas yang berkualitas dan berprestasi, mendapat tingkat kepuasan sebesar 71 persen.

‘’Sekitar 23,1 persen responden tahu Erick akan melakukan audit keuangan PSSI karena dugaan adanya pengelolaan keuangan yang  tidak semestinya di PSSI. Awareness lebih tinggi di kelompok penggemar klub sepak bola Indonesia,’’ kata Djayadi saat pemaparan hasil survei nasional bertajuk "Isu-isu Sepak bola dan Pilihan Politik" di Jakarta, kemarin.

Sebanyak 67 persen responden merasa puas karena cawapres pilihan anak muda ini dinilai sukses mengembangkan sepakbola Indonesia yang maju, modern, dan profesional. Sementara, sebesar 62 persen merasa puas karena Erick Thohir dinilai berhasil mengkoordinasikan seluruh kompetisi dan turnamen. 

Djayadi menyampaikan target populasi survei yang berlangsung pada 18-20 September 2023 adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1206 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement