Jumat 06 Oct 2023 07:19 WIB

Jadwal Asian Games 2022, Berharap Tambahan Medali dari Panahan, Perahu Naga, dan Karate

Perjuangan para atlet Indonesia untuk berburu medali terus berlanjut.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Karateka Indonesia, Ari Saputra, yang berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Karateka Indonesia, Ari Saputra, yang berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Perjuangan para atlet Indonesia untuk berburu medali terus berlanjut pada hari ke-13 gelaran Asian Games 2022, Jumat (6/10/2023). Wakil Indonesia akan turun di sejumlah cabang olahraga, termasuk di panahan, perahu naga, karate, hingga panjat tebing.

Dari cabang panahan, trio Diananda Choirunisa, Rezza Oktavia, dan Anindya Nayla Putri, akan turun di babak perempat final nomor recurve tim putri. Tim putri panahan Indonesia itu akan ditantang salah satu negara besar di arena cabor panahan, Korea Selatan, yang diperkuat Lim Sihyeon, Choi Misun, dan An San.

Baca Juga

Berdasarkan jadwal resmi yang dilansir penyelenggara Asian Games 2022, babak perempat final nomor recurve putri akan menjadi laga pertama kontingen Indonesia pada hari ini, tepatnya pada pukul 07.20 WIB. Laga ini akan dihelat di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou.

Tidak hanya tim putri, tim panahan putra Indonesia juga akan tampil di babak perempat final nomor recurve tim putra. Tim panahan Indonesia, yang beranggotakan Riau Ega Agata, Ahmad Khoirul, dan Arif Dwi, akan berhadapan dengan tim panahan putra Iran. Duel ini akan digelar pada pukul 12.55 WIB.

Sebelumnya, tim panahan Indonesia sudah menyumbang medali perunggu dalam nomor compound beregu campuran, Rabu (4/10/2023) waktu setempat. Sayangnya, tim putri panahan Indonesia gagal menambah sumbangan medali saat dihentikan Korea Selatan di perebutan medali perunggu nomor compound tim, Kamis (5/10/2023) kemarin.

Beralih ke cabor perahu naga, kontingen Indonesia rencananya akan kembali turun di nomor 1000 meter putra dan putri. Di dua nomor sebelumnya, nomor 200 meter dan nomor 500 meter, tim perahu naga putra dan putri berhasil mendulang medali. Di nomor 200 meter, tim putra berhasil menyumbang medali perunggu, sedangkan tim putri menyabet medali perak.

Sedangkan di nomor 500 meter, tim putra dan tim putri sama merebut medali perak usai dipaksa mengakui keunggulan para pedayung tim tuan rumah, Cina, di partai final, Rabu (6/10/2023). Nomor terakhir di cabor perahu naga itu akan diawali dengan babak penyisihan putra pada pukul 08.00 WIB di Wenzhou Dragon Boat Center.

Dari cabor karate, Indonesia memiliki wakil di babak 32 besar nomor kumite -60 kilogram putra. Peraih medali emas SEA Games 2023, Ari Saputra, akan berduel dengan karateka Kamboja, Kouyhav Ly, di Linping Sports Gymnasium.

Selain itu, ada pula nomor boulder and lead putra di cabang panjat tebing. Musauwir dan Muhammad Rizky Syahfafli Simatupang akan menjadi wakil Indonesia di babak semifinal nomor boulder putra, yang akan digelar pada pukul 08.00 WIB di Shaoxing Keqiao Yangshan Sports. Keduanya juga akan berlaga di nomor lead putra pada pukul 12.20 WIB.

Selain lima cabor tersebut, para atlet Indonesia juga akan melanjutkan kiprah di cabor soft tenis, yang masih menginjak babak penyisihan grup di sejumlah nomor. Pun dengan partisipasi atlet Indonesia di cabor gulat nomor gaya bebas 76 kilogram putri, yang telah memasuki babak perdelapan final. Pegulat Indonesia, Varadisa Septi, akan menghadapi pegulat Jepang, Nodoka Yamamoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement