Jumat 06 Oct 2023 19:15 WIB

Penggantian Rumput Stadion Pakansari Rampung, Telan Biaya Rp 1,9 Miliar

Stadion Pakansari baru bisa digunakan untuk liga enam bulan lagi.

Pekerja melakukan renovasi pergantian rumput Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pekerja melakukan renovasi pergantian rumput Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat merampungkan penggantian rumput senilai Rp1,9 miliar di Stadion Pakansari, Cibinong. Kepala Dispora Kabupaten Bogor Asnan di Bogor, Jumat, menjelaskan saat ini rumput baru berjenis Zoysia Japonica selesai ditanam dan dalam proses pemupukan serta penyiraman secara berkala.

"Rumput sudah selesai ditanam. Saat ini sedang dipupuk terus supaya tumbuhnya cepat dan bagus. Pada intinya ini sudah sesuai target," kata Asnan.

Baca Juga

Meskipun penanaman rumput telah rampung, tapi lapangan sepak bola Stadion Pakansari belum bisa digunakan karena harus menunggu enam bulan untuk siap digunakan kembali.

"Terutama untuk liga sepak bola karena tanahnya masih terlalu lembek, jadi perlu penyesuaian dulu agar tanahnya padat dan pantulan bola sesuai dengan regulasi FIFA," terangnya.

Asnan menyebutkan, pekerjaan penggantian rumput senilai Rp 1,9 miliar itu juga mencakup perbaikan sistem drainase stadion. Menurut dia, sejak beroperasi pada 2016, rumput Stadion Pakansari belum pernah diganti sama sekali sehingga kondisinya memprihatinkan, terlebih saat hujan kerap terjadi banjir.

Namun, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu masih digunakan sebagai home base bagi tim sepak bola Persikabo 1973 dalam mengarungi Liga 1 Indonesia.

Sedangkan jenis rumput baru yang digunakan, kata dia, memiliki ketahanan lebih baik dibanding jenis Zoysia Matrella yang digunakan sebelumnya.

Zoysia Japonica banyak digunakan untuk lapangan golf. Rumput jenis ini memiliki tingkat pemulihan lebih cepat, meski memiliki tekstur lebih kasar dibanding Zoysia Matrella.

“Zoysia Japonica bisa tumbuh lebih cepat dan lebih tahan banting dengan iklim Indonesia apalagi intensitas penggunaan Stadion Pakansari sangat tinggi,” kata Asnan.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement