Jumat 06 Oct 2023 19:25 WIB

Ini Masukan Candra Wijaya untuk Perbaiki Prestasi Bulu Tangkis Indonesia

Candra menilai terlalu banyak turnamen yang diikuti sehingga tidak fokus.

Candra Wijaya, legenda bulu tangkis Indonesia.
Foto: Dok Media Center Jakarta PON Papua
Candra Wijaya, legenda bulu tangkis Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda bulu tangkis Indonesia Candra Wijaya mengatakan, semua elemen yang terlibat di bulu tangkis menjadi bagian yang perlu dievaluasi dan diperbaiki bersama. Ini disampaikannya saat dimintai pandangannya menyusul catatan buruk untuk pertama kalinya Indonesia gagal membawa pulang medali bulu tangkis dari Asian Games, setelah 18 edisi ajang multicabang itu digelar.

“Ini kata hati saya. Menurut saya ini penting. Yang harus dilakukan adalah memaksimalkan yang ada saat ini. Ini jalan yang sangat sulit, tidak mudah, dan sangat sempit,” kata Candra saat dihubungi Antara, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga

“Kembali kita harus bergotong-royong dan memikul bersama, bukan hanya mengkambinghitamkan atau mencari siapa yang salah, tapi secara keseluruhan semuanya mengambil peranan untuk bisa all out. Tugas pengurus, pelatih, dan atlet harus dipenuhi dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Peraih medali emas Olimpiade 2000 Sydney itu menilai kondisi bulu tangkis Indonesia saat ini cukup kompleks. Terdapat banyak penyebab atau faktor yang memengaruhi performa para pebulu tangkis Indonesia belakangan ini.

Beberapa di antaranya adalah banyaknya turnamen yang diikuti, sampai target tertentu yang harus dicapai pada turnamen-turnamen itu sendiri. “Jadi fokus dan konsentrasinya terpecah. Sasaran antara dan utama jadi kabur,” kata Candra.

Selain itu, ia menilai banyak hal lain yang perlu dievaluasi, termasuk sistem pembinaan dan strategi pembinaan nasional. Bukan hanya pemain di pelatnas utama saja, melainkan juga para pemain pelapisnya.

“Di negara lain sudah banyak pemain muda yang bermunculan dan juga berprestasi, bahkan menyaingi dan mengalahkan pemain-pemain senior kita. Sedangkan kita masih belum memperlihatkan pelapis-pelapis berikutnya, apalagi buat ke depan, seperti Olimpiade,” jelas juara All England 1999 dan 2003 itu.

Candra melanjutkan, selain sistem pembinaan nasional, Indonesia sebagai negara besar bulu tangkis harus memiliki visi-misi yang besar, serta keterbukaan dan rasa kekeluargaan yang saling mengisi dan suportif.

“Kita harus bisa menampung masukan dan aspirasi dari semua, bukan hanya klub dan atlet, melainkan juga masyarakat Indonesia yang sangat menaruh perhatian dan sangat prihatin dengan kondisi buruk sekarang ini,” kata juara dunia 1997 itu.

“Saya berharap, kita semua tetap berusaha maksimal, optimistis, dan juga jangan putus asa tentunya. Apalagi kepada atlet nasional sekarang ini dan juga pada para pelapisnya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement