Sabtu 07 Oct 2023 20:44 WIB

Amankan Poin Penuh di Markas Luton Town, Spurs ke Puncak Klasemen Sementara Liga Inggris

Gol Micky Van de Ven pada menit ke-53 memastikan kemenangan Tottenham.

Rep: Reja Irfa WIiodo/ Red: Israr Itah
Micky van de Ven (kiri) dari Tottenham Hotspur merayakan golnya ke gawang Luton Twon di Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Micky van de Ven (kiri) dari Tottenham Hotspur merayakan golnya ke gawang Luton Twon di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LUTON -- Tottenham Hotspur berhak mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dari tangan Manchester City. Tambahan tiga angka dalam lawatan ke markas Luton Town pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris, Sabtu (7/10/2023) malam WIB, mengantarkan Spurs mencatatkan keunggulan dua poin atas City.

Spurs memastikan raihan poin penuh usai membungkam Luton Town, 1-0. Gol Micky Van de Ven pada menit ke-53 menjadi gol semata wayang dalam laga di Stadion Kenilworth Road tersebut. Kemenangan ini pun cukup krusial buat Spurs untuk bisa menyajikan persaingan dengan juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City.
 
Dengan tambahan tiga angka di laga ini, Spurs berhasil mengoleksi 20 poin dari delapan pertandingan, unggul dua poin atas The Citizens, yang harus rela turun ke peringkat kedua klasemen sementara. City dijadwalkan melakoni pekan kedelapan Liga Primer Inggris dengan melawat ke markas Arsenal, Ahad (8/10/2023) malam WIB.
 
Jalannya Pertandingan
 
Perbedaan kualitas antara kedua tim, terutama dalam materi pemain, terlihat pada awal laga. Meski berstatus sebagai tim tamu, Tottenham Hotspur langsung mengendalikan permainan dan terus mengancam gawang peringkat ketiga Divisi Championship musim lalu itu. 
 
Laga baru berjalan kurang dari 10 menit, Spurs sudah mencatatkan lima tembakan. Namun, dari lima tembakan Spurs hanya satu yang tepat mengarah ke gawang dan berhasil digagalkan lini belakang Luton Town. 
 
The Hatters, julukan Luton Town, merespon penguasaan bola Spurs dengan menerapkan //pressing// yang ketat. Dengan skema ini, Luton Town mulai mampu menebar ancaman buat gawang The Lilywhites. Hingga pertengahan babak pertama, laga berjalan dengan intensitas tinggi dan tempo yang cepat.
 
Pada menit ke-39, Luton Town sempat merobek gawang Spurs via sundulan Tom Lockyer usai memanfaatkan bola pantulan tiang gawang. Gol itu akhirnya dianulir wasit lantaran penyerang Luton Town, Elijah Adebayo, dinilai melakukan pelangaran terhadap Cristian Romero sesaat sebelum gol itu tercipta.
 
Spurs mengakhiri babak pertama dengan kehilangan satu emain. Yves Bissouma menerima kartu kuning kedua setelah dianggap melakukan diving di depan kotak penalti Luton Town pada masa injury time babak pertama. 
 
Dua kartu kuning yang berujung kartu merah buat gelandang bertahan asal Pantai Gading itu dapat menjadi kerugian tersendiri buat Spurs di sisa pertandingan ini. Babak pertama pun berakhir tanpa ada gol tercipta di markas The Hatters.
 
Babak kedua diawali dengan peluang emas dari tim tuan rumah. Winger Luton Town, Chiedozie Ogbene, berhasil melewati adangan Destiny Udogie dan mengirimkan umpan tarik. Namun, Adebayo gagal memanfaatkan umpan tarik tersebut. Bola malah tersangkut di kaki Adebayo.
 
Kendati begitu, gol pertama di laga ini menjadi milik tim tamu. Micky Van de Ven mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-52. Van de Ven memanfaatkan umpan tarik dari James Maddison, yang merangsek dari sisi kiri pertahanan The Hatters. Van de Ven melepaskan sepakan mendatar terarah ke gawang Luton Town.
 
Gol Spurs ini langsung direspon dengan Luton Town dengan meningkatkan intensitas serangan. Tim besutan Rob Edwards itu mendapatkan peluang emas via sepakan Carlton Morris, tapi masih bisa ditepis oleh kiper Spurs, Guglielmo Vicario.
 
Di sisa pertandingan, Luton Town terus menggempur pertahanan The Lilywhites. Kondisi ini jauh berbeda dibanding pada awal babak pertama. Kalah jumlah pemain dan telah mencatatkan keunggulan, Spurs berusaha untuk tetap tenang dalam meredam setiap serangan The Hatters.
 
Tim besutan Ange Postecoglou itu tetap berusaha menambah keunggulan via serangan balik cepat. Setelah berhasil mematahkan serangan tim tuan rumah, Spurs biasanya akan langsung mengalirkan bola ke lini depan dengan mengandalkan kecepatan Dejan Kulusevski. Klub asal London Utara itu akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga usai.
 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement