Senin 09 Oct 2023 21:45 WIB

Tinggalkan Skuad Prancis, Upamecano dan Kounde Susul Saliba Tambah Daftar Cedera

Upamecano dan Kounde termasuk dalam skuad Les Bleus saat ke final Piala Dunia 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Prancis, Dayot Upamecano (kanan).
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED BADRA
Pemain timnas Prancis, Dayot Upamecano (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Timnas Prancis mendapatkan pukulan berat terkait kesiapan tim jelang dua laga di edisi kedua jeda internasional pada musim ini, termasuk menghadapi Belanda di lanjutan penyisihan Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024. Lini belakang timnas Prancis ditinggal Dayot Upamecano dan Jules Kounde.

Sedianya, Upamecano dan Kounde dijadwalkan bergabung bersama timnas Prancis dalam pemusatan latihan di kompleks latihan Clairefontane, Senin (9/10/2023) waktu setempat. Namun, Upamecano dan Kounde malah mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di kompetisi domestik, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Upamecano diketahui mengalami cedera hamstring kaki kiri saat membela Bayern Muenchen di laga pada pekan ketujuh Bundesliga Jerman, kontra Freiburg. Dalam laga yang berujung kemenangan, 3-0, atas Freiburg, bek tengah berusia 24 tahun itu ditarik keluar pada menit ke-77 dan digantikan oleh Konrad Lainer.

Kondisi serupa juga dialami Kounde kala membela Barcelona. Turun sebagai starter di laga kontra Granada pada jornada kedelapan La Liga Spanyol, Kounde hanya merumput selama 44 menit. Pemain yang bisa ditempatkan di berbagai posisi di lini belakang itu mengalami cedera di lutut kiri dalam laga yang berakhir imbang, 2-2, tersebut.

''Jules Kounde dan Dayot Upamecano tidak bisa ikut berpartisipasi dalam kampanye teranyar timnas Prancis, yang dimulai dengan sesi latihan pada Senin (9/10/2023). Kounde mengalami cedera di lutut kiri, sedangkan Upamecano mengalami cedera hamstring kaki kiri saat membela Bayern Muenchen,'' tulis pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), Senin (9/10/2023).

Upamecano dan Kounde termasuk dalam skuad Les Bleus saat berhasil melangkah ke partai final Piala Dunia 2022. Cedera yang dialami Upamecano dan Kounde ini menambah panjang daftar pemain belakang Prancis yang tengah mengalami cedera. Sebelumnya, pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, telah memberikan restu kepada bek tengah Arsenal, William Saliba, untuk meninggalkan skuad Les Blues.

Saliba, yang tampil apik kala mengantarkan Arsenal membungkam Manchester City, 1-0, di lanjutan Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, mengalami cedera di jempol kanan. Setelah berdiskusi dengan kepala tim medis Timnas Prancis, Deschamps merestui bek tengah berusia 22 tahun itu untuk kembali ke Arsenal guna menjalani proses pemulihan lebih lanjut.

Deschamps kemudian menunjuk bek tengah Nice, Jean Clair Todibo, sebagai pengganti Saliba. Sementara untuk posisi yang ditinggalkan Upamecano dan Kounde, Deschamps sudah memanggil dua pemain bertahan Chelsea, Malo Gusto dan Axel Disasi. Buat Gusto, ini merupakan panggilan pertama memperkuat timnas Prancis senior setelah sempat menghuni timnas Prancis U-21.

Les Bleus akan mengisi jeda internasional pada bulan ini dengan lanjutan penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 dan satu laga uji coba. Di lanjutan penyisihan Grup A, Prancis akan berduel dengan salah satu pesaing terberat di grup ini, Belanda, di Stadion Johan Cruyyf Arena, Amterdam, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.

Dengan torehan kemenangan sempurna di lima laga awal penyisihan, Prancis memimpin klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024. Telah tampil di lima partai, Prancis unggul enam poin atas Belanda, yang duduk di peringkat kedua dengan koleksi sembilan poin dari empat partai.

Setelah berduel dengan Belanda, Prancis dijadwalkan menghadapi Skotlandia dalam laga uji coba di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Rabu (18/10/2023) dini hari WIB. Laga ini menjadi laga terakhir Prancis di edisi kedua jeda internasional musim ini sebelum akhirnya kembali merumput pada pertengahan November 2023 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement