Selasa 10 Oct 2023 06:44 WIB

Arhan: Kemauan Jadi Kunci Pemain Indonesia Dapat Berkarier di Luar Negeri

Pratama Arhan dikabarkan akan hijrah ke Korea Selatan.

Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan bermain di Liga Jepang.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan bermain di Liga Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain timnas sepak bola Indonesia Pratama Arhan mengatakan kemauan adalah kunci bagi dirinya dapat berkarier sepak bola luar negeri. Menurut pemain yang memperkuat Tokyo Verdy di kasta kedua kompetisi Jepang, kemauan yang kuat menjadi faktor terpenting untuk bermain di kompetisi luar negeri.

"Dari diri sendiri ada kemauan atau tidak untuk bermain di luar negeri untuk meningkatkan kemampuan? Dari pribadi sih menurut saya, tinggal ada kemauan apa tidak. Kalau pemain muda ada kemauan pasti semua bisa," kata Arhan, Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Memilih hijrah ke Tokyo Verdy pada Maret 2022 lalu dari klub sebelumnya PSIS Semarang, Arhan mengatakan salah satu tujuannya berkarir di negeri Matahari Terbit itu adalah ingin menjadi pesepak bola yang lebih baik yang nantinya dapat memajukan timnas Indonesia pada kancah yang lebih tinggi.

"Saya ingin mendapatkan pengalaman di sana (Jepang) dan belajar dari para pemain. Saat ini saya berada di Jepang dan ingin belajar dari para pemain di sana," kata bek berusia 21 tahun itu.

Niat tulus pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu untuk menjadi seorang pesepak bola yang lebih baik di Jepang itu ternyata dilaluinya dengan tidak mudah.

Pasalnya, perbedaan seperti cuaca dan bahasa di Jepang cukup menyulitkannya pada awal-awal merumput bersama klub yang bermarkas di Stadion Ajinomoto tersebut.

Namun, hal itu tidak membuat Arhan patah semangat karena menurutnya beberapa aspek seperti fasilitas, tempat latihan, cara latihan, hingga model kompetisi di Jepang membuatnya memetik banyak pelajaran untuk perkembangan skill mengolah si kulit bundar di kemudian hari.

Kini, liga Jepang sedang memasuki akhir kompetisi di mana klub Arhan, Tokyo Verdy yang bermain di J2 League (kasta kedua) bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 65 poin.

Arhan yang hingga kini baru mencatatkan empat penampilan di Tokyo Verdy sejak kepindahannya pada Maret 2022, santer dikabarkan hengkang dan akan merapat ke salah satu klub K-League 1 (kasta pertama Korea Selatan), Suwon FC.

Terkait hal itu, ketika disinggung, Arhan enggan bicara banyak. Namun pada kesempatan berbeda, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyambut dengan positif rumor salah satu bek kiri andalannya di timnas yang sedang dikaitkan pada klub yang bermarkas di Suwon Sports Complex tersebut.

"Memang tim Suwon FC tim baik, dan Arhan datang ke Korea Selatan, Arhan lebih cocok daripada Liga Jepang," kata Shin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement