Rabu 11 Oct 2023 03:41 WIB

Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Erick Thohir: Arab Saudi Juga Mengontak Kami

Saudi kembali mengajukan diri usai membatalkan pencalonannya pada Piala Dunia 2030.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) didampingi Exco PSSI Arya Sinulingga (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) didampingi Exco PSSI Arya Sinulingga (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Arab Saudi menjadi salah satu yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Sebagai sesama anggota AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), Saudi telah meminta dukungan kepada PSSI.

‘’Pihak Arab Saudi juga sudah mengontak kami semua. Sebagai negara sahabat kita pasti saling mendukung,’’ kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di media center Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Arab Saudi kembali mengajukan diri setelah membatalkan pencalonannya pada Piala Dunia 2030 bersama Yunani dan Mesir. Mereka mengalihkan fokus sebagai tuan rumah tunggal pada Piala Dunia 2034.

Presiden AFC, Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa, mendukung tawaran Arab Saudi menjadi tuan rumah. Federasi sepak bola Republik Dominika, Guatemala, Panama, Filipina, Nepal, dan banyak negara Arab dan Muslim juga mengumumkan dukungan mereka terhadap pencalonan Arab Saudi.

Erick Thohir yang disebut-sebut sebagai cawapres pilihan anak muda ini menghormati Arab Saudi yang mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, sebagai sebuah negara, Indonesia pun berkeinginan menjadi tuan rumah even empat tahunan tersebut.

‘’Sebagai negara Indonesia, kita boleh dong mencoba karena memang persiapannya sudah dari tahun 2017,’’ ujar ketum PSSI berprestasi yang digadang-gadang sebagai cawapres terkuat ini.

Erick Thohir menyebut sudah ada diskusi panjang dengan FA Australia sejak tahun 2017 ketika dirinya belum menjabat ketua PSSI. Kedua federasi saat itu sepakat untuk maju bersama sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Sebelumnya juga sempat muncul wacana negara-negara Asia Tenggara maju bersama sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, belakangan sejumlah negara ASEAN memilih mundur sehingga hanya Indonesia dan Australia yang masih bersedia menjadi tuan rumah.

Diskusi antara Australia dan Indonesia kembali berlanjut saat Kongres FIFA di Kigali, Rwanda, pada pertengahan Maret 2023. Dalam pertemuan tersebut, ketum PSSI berprestasi ini menyebut FA Australia kembali mengajak Indonesia sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement