Rabu 11 Oct 2023 21:22 WIB

Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir: Jangan Anggap Remeh Brunei

Erick berharap timnas maksimal untuk mencetak kemenangan penting di kandang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memantau latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (11/10/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memantau latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (11/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir meninjau langsung official training (OT) timnas Indonesia menjelang laga melawan Brunei Darussalam pada fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (11/10/2023). Menurutnya tim asuhan Shin Tae-yong harus menampilkan performa terbaik.

"Coach Shin Tae-yong sama saya kan sama, sehati, bilang sama saya mah jangan lengah gitu. Jadi ya itulah kalau kita memang serius menjaga performance tim kita, ya ini memang kembali tidak boleh anggap remeh kepada siapapun," kata Erick kepada awak media di SUGBK, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Erick berharap skuad Garuda bermain maksimal untuk mencetak kemenangan penting di kandang, sebelum melakoni laga kedua pada 17 Oktober 2023 di Brunei Darussalam.

"Timnas harus maksimal. Itu yang utama dan pastikan para pemain tidak memandang sebelah mata. Kita sudah pernah menang dengan negara tertentu 9-0 , tetapi kita juga pernah kalah 1-0 dari tim yang sama. Artinya jangan pernah memandang sebelah mata," jelas Erick.

Selain itu, Menteri BUMN ini juga memastikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyaksikan langsung pertandingan melawan Brunei yang akan digelar di SUGBK, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Ia mengungkapkan Jokowi akan duduk di VIP Timur agar lebih dekat dengan masyarakat.

"Alhamdulillah Pak Presiden, sudah menginformasikan langsung menonton timnas karena kalau sepak bola Pak Presiden ini emang sepertinya tontonan nomor satu. Beliau akan duduk seperti biasa di tribun yang itu (timur). Beliau ingin dekat dengan masyarakat sepak bola. Mudah-mudahan tim kita bisa bermain dengan maksimal besok," kata Erick.

Senada dengan itu, pelatih Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam dkk tidak lengah saat menghadapi Brunei Darussalam. Pelatih asal Korea Selatan itu berharap skuad Garuda bisa menunjukkan penampilan terbaik.

"Besok memang kita melawan Brunei Darussalam, memang yang penting kita tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan melawan Brunei, maka pastinya bisa menunjukkan yang terbaik," kata Shin.

Skuad Garuda mempunyai catatan positif saat berhadapan dengan Brunei. Tercatat sejak 1977 hingga 2023, Indonesia dan Brunei sudah bentrok 11 kali. Dari 11 pertemuan itu Indonesia menang tujuh kali, dua kali imbang, dan dua kali klah. Pertemuan terakhir kedua tim adalah di fase grup Piala AFF 2022 ketika itu Indonesia menang telak 7-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement