Selasa 17 Oct 2023 12:31 WIB

Aljazair Bersedia Menjadi Homebase Timnas Palestina

Pemerintah Aljazair via AFF juga akan menanggung semua biaya timnas Palestina.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas sepak bola Palestina.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Para pemain timnas sepak bola Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, ALGIERS -- Federasi Sepak Bola Aljazair (AFF) menyatakan negara di kawasan Afrika Utara itu siap menjadi homebase buat timnas Palestina di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebagai awalan, Aljazair akan menyediakan stadion sebagai arena saat Palestina menjamu Australia, 24 November 2023 mendatang.

Palestina tergabung bersama Australia dan Lebanon serta satu tim pemenang dari putaran pertama di penyisihan Grup I Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Palestina pun sudah dijadwalkan melakoni laga tandang ke markas Lebanon di partai pembuka Grup 2, pertengahan November mendatang.

Baca Juga

Setelah itu, Palestina diharapkan bisa menjadi tuan rumah saat menjamu Australia di laga kedua. Kendati begitu, konflik militer teranyar antara kelompok pejuang Palestina, Hamas, dengan Israel, dinilai bakal berdampak pada persiapan timnas Palestina, termasuk menjadi tuan rumah di laga sepak bola.

Konflik militer Hamas dengan Israel dilaporkan telah menewaskan lebih dari tiga ribu orang warga sipil, dari kedua belah pihak. Meski konflik tersebut terjadi di Jalur Gaza, sejumlah insiden kekerasan pun dilaporkan terjadi di Tepi Barat. Kondisi ini kemudian berimbas pada persiapan timnas Palestina.

Timnas Palestina, yang berbasis di Tepi Barat, akan kesulitan mencari stadion sebagai homebase dalam melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Federasi Sepak Bola Palestina akhirnya meminta bantuan kepada AFF untuk bisa menjadi homebase buat timnas Palestina dalam melakoni laga penyisihan Grup I.

Permintaan ini pun dikabulkan oleh AFF. Tidak hanya saat Palestina dijadwalkan menjamu Australia, Aljazair juga bersedia menjadi tuan rumah setiap laga resmi dan tidak resmi timnas Palestina sebagai persiapan melakoni penyisihan Grup I kualifikasi Piala Dunia 2006 dan babak kualifikasi Piala Asia 2027.

''AFF dalam panduan oleh otoritas setempat telah mengabulkan permintaan Presiden Federasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub. Aljazair akan menjadi tuan rumah semua laga, baik resmi atau tidak resmi, timnas Palestina untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 dan kualifikasi Piala Asia 2027," demikian pernyataan resmi AFF, Selasa (17/10/2023).

Dukungan Pemerintah Aljazair terhadap timnas Palestina tidak hanya berhenti di situ. Pemerintah Aljazair via AFF juga akan menanggung semua biaya tranportasi, penginapan, hingga akomodasi para penggawa dan staf pelatih timnas Palestina selama melakoni pertandingan di Aljazair.

Kendati begitu, kesediaan Aljazair untuk menjadi tuan rumah setiap pertandingan timnas Palestina masih harus menunggu persetuan dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Sebelumnya, timnas Palestina terpaksa membatalkan partisipasi di Piala Merdeka, yang digelar pada pertengahan pekan lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Di turnamen tersebut, Palestina dijadwalkan akan menghadapi Tajikistan dan Malaysia. Pembatalan partisipasi timnas Palestina ini tidak terlepas dari konflik militer antara Hamas dan Israel, yang mulai pecah pada dua pekan lalu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement