Rabu 18 Oct 2023 08:57 WIB

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Putaran dua kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar pada pertengahan November 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia saat menjalani latihan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia belum lama ini.
Foto: dok PSSI
Para pemain timnas Indonesia saat menjalani latihan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia tidak terhentikan di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Total selusin gol dicetak tim besutan Shin Tae-yong itu dalam dua kali pertemuan dengan Brunei Darussalam yang berformat kandang-tandang.

Keberhasilan mencetak 12 gol dan tanpa kebobolan satu gol pun membuat tim Garuda menjadi tim paling subur di putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan, 6-0, atas Brunei Darussalam di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/2023) malam WIB, melengkapi kemenangan, 6-0, tim Garuda kala tampil di Stadion Gelora Bung Karno, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Kemenangan ini lantas mengantarkan Ramadhan Sananta dan kawan-kawan melaju ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di fase inilah, tim Garuda bakal menghadapi tantangan sesungguhnya. Indonesia akan bersaing dengan Irak, Filipina, dan Vietnam di Grup F.

Berdasarkan keterangan di laman resmi FIFA, putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 akan mulai digelar pada pertengahan November, tepatnya pada 16 November. Putaran kedua ini akan digelar dalam format kompetisi penuh berupa laga kandang dan tandang.

Sembilan grup, yang diisi total 36 tim, putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia itu akan secara serentak menggelar laga pembuka pada 16 November mendatang. Laga kedua pun langsung digelar pada 21 November 2023.

Fase penyisihan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan kembali dilanjutkan pada pertengahan Maret, tepatnya pada 21 Maret 2024. Kemudian berlanjut hingga awal Juni. Putaran kedua ini diharapkan sudah rampung pada 11 Juni 2024.

Nantinya, dua tim teratas, juara dan runner-up, di klasemen akhir grup berhak melanjutkan langkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tidak hanya itu, dua tim tersebut juga berhak mengenggam tiket ke putaran final Piala Asia 2027. Sementara posisi ketiga dan keempat klasemen akhir akan melanjutkan kiprah di kualifikasi Piala Asia 2027.

Secara khusus, tim Garuda akan melakoni enam laga di sepanjang putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia akan memulai langkah di putaran kedua dengan menghadapi tim asal Asia Tengah, Irak. Tidak tanggung-tanggung, Ramadhan Sananta dan kawan-kawan akan melakoni laga tandang ke markas pengoleksi satu gelar juara Piala Asia tersebut di laga pembuka penyisihan Grup F pada 16 November mendatang.

Kendati begitu, FIFA belum merilis secara resmi stadion yang bakal menjadi arena dual tersebut. Kala menjadi tuan rumah Piala Teluk 2023, Januari lalu, timnas Irak diketahui memilih Stadion Internasional Basra sebagai homebase. Bukan tidak mungkin, Indonesia akan menghadapi Irak di stadion berkapasitas 65 ribu penonton tersebut.

Berselang lima hari setelah laga menghadapi Irak, tepatnya pada 21 November, Indonesia sudah harus melakoni laga kedua penyisihan Grup F. Kali ini, tim Garuda akan memainkan laga kandang, tepatnya saat menjamu sesama tim asal Asia Tenggara, Filipina. Laga kandang perdana tim Garuda di penyisihan Grup F ini agaknya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sedangkan pada Maret 2024, Indonesia akan dua kali berhadapan dengan salah satu rival di kawasan Asia Tenggara, Vietnam. Setelah melawat ke markas Vietnam pada 21 Maret, tim Garuda akan menjamu Vietnam pada 26 Maret. Kemudian, Indonesia akan menjamu Irak dan bertandang ke kandang Filipina di dua laga terakhir penyisihan Grup F, 6 Juni dan 11 Juni 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement