Rabu 18 Oct 2023 10:37 WIB
...

Telan Kekalahan Perdana, Brasil Turun ke Posisi 3 Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026

Brasil pun tertinggal dua poin dari Argentina yang memuncaki klasemen sementara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Brasil Fernando Diniz (kiri) berbincang dengan pemain bintangnya, Neymar, menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Foto: AP Photo/Andre Penner
Pelatih timnas Brasil Fernando Diniz (kiri) berbincang dengan pemain bintangnya, Neymar, menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Brasil gagal kembali ke jalur kemenangan di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Tim besutan Fernando Diniz itu bahkan dipaksa menelan kekalahan perdana di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menyerah, 0-2, di tangan Uruguay, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.

Tim Selecao datang ke markas Uruguay, Stadion Centenario, pada laga keempat babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL dengan tekad kembali ke jalur kemenangan. Maklum, di laga sebelumnya, Brasil harus rela berbagi angka dengan Venezuela usai memetik hasil imbang, 1-1, tengah pekan lalu.

Baca Juga

Namun, lawatan ke markas La Celeste itu justru berakhir tragis buat timnas tersukses di sepanjang sejarah Piala Dunia tersebut. Dua gol bersarang di gawang Brasil, tanpa mampu membalas satu gol pun ke gawang tim besutan Marcelo Bielsa tersebut.

Uruguay, yang tetap mengandalkan agresivitas dan pressing ketat, mampu meladeni permainan Selecao di laga tersebut. Di sisi lain, Brasil masih terus mengandalkan kecepatan Vinicius Junior, kemampuan teknik Neymar, dan ketajaman Gabriel Jesus. Namun, gol pertama di laga ini menjadi milik tim tuan rumah.

Lewat sebuah serangan cepat, Uruguay mencatatkan keunggulan via gol tandukan Darwin Nunez pada menit ke-42. Penyerang Liverpool itu menyambar bola hasil umpan lambung Maximiliano Araujo dari sisi kanan pertahanan Brasil. Bola tandukan Nunez dari dalam kotak penalti meluncur deras ke gawang Brasil.

Selecao mencoba merespons gol tersebut dengan terus melancarkan serangan. Namun, performa solid lini belakang Uruguay terbukti mampu membuat lini serang Brasil tidak berkutik. Brasil sebenarnya sempat memiliki peluang menyamakan kedudukan via tendangan bebas. Kendati begitu, bola hasil tendangan bebas itu masih membentur mistar gawang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement