Kamis 19 Oct 2023 08:44 WIB

Gak Capek-Capek, Daftar Rekor Milik Lionel Messi Bertambah Panjang Lagi

Messi kini pemain tersubur di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Peru di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.
Foto: EPA-EFE/Paolo Aguilar
Bintang timnas Argentina Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Peru di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Lionel Messi menorehkan rekor baru usai mengantarkan Argentina membungkam Peru, 2-0, di laga keempat kualifikasi Piala DUnia 2026 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), Rabu (19/10/2023) pagi WIB. Gelontoran dua gol ke gawang Peru menjadikan Messi sebagai pemain tersubur di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Sempat diragukan merumput lantaran dilaporkan tengah mengalami cedera dan kelelahan, Messi ternyata mampu memborong dua gol sekaligus dalam laga di Stadion Nacional, Lima, Peru, tersebut. Pemain berjuluk La Pulga itu mencetak semua gol Argentina di laga itu, tepatnya pada menit ke-32 dan menit ke-42.

Baca Juga

Dengan torehan dua gol ini, Messi tercatat telah mencetak total 31 gol di sepanjang partisipasi di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan. Koleksi gol ini membuat Messi sebagai pemain tersubur di sepanjang sejarah babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Messi melampui torehan gol rekan setimnya kala masih membela Barcelona, Luis Suarez. Penyerang timnas Uruguay itu harus rela turun ke peringkat kedua dengan torehan 29 gol dalam daftar tersebut. Posisi ketiga ditempati oleh penyerang Bolivia, Marcelo Moreno, dengan koleksi 22 gol.

Torehan rekor anyar ini menambah panjang daftar rekor yang digenggam oleh Messi. Pemain dengan koleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah itu juga diketahui menjadi pesepak bola asal Amerika Selatan dengan koleksi gol terbanyak di level internasional dengan koleksi 106 gol.

Tidak hanya itu, Messi juga menjadi pemain yang paling sering tampil di gelaran Copa America dan Piala Dunia. Khusus di timnas Argentina, pemain berusia 36 tahun itu masih menggengam rekor sebagai pencetak gol terbanyak dan pemilik caps terbanyak di sepanjang sejarah Albiceleste, dengan koleksi 106 gol dari 178 penampilan di semua ajang.

Bintang salah satu kontestan MLS, Inter Miami, itu pun masih memiliki peluang besar menajamkan rekornya tersebut. Pasalnya, Argentina masih melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Bahkan, dengan keunggulan lima poin, tim besutan Lionel Scaloni itu memuncaki klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan.

Argentina, yang berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia, memetik poin sempurna, 12 poin dari empat laga awal babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Messi pun kian optimistis dengan kemampuan Albiceleste untuk terus melanjutkan tren positif ini.

''Tim ini benar-benar luar biasa. Setiap kali kami tampil, kami kian dekat dengan untuk menjadi yang terbaik di dunia. Di level permainan, kami terus berkembang. Setelah berhasil menjuarai Piala Dunia, kami lebih percaya diri, lebih tenang, dan lebih stabil,'' kata pemilik tujuh gelar Ballon d'or tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement