Kamis 19 Oct 2023 12:20 WIB

Ini Rincian Babak Demi Babak yang Harus Dilalui Timnas Indonesia untuk ke Piala Dunia 2026

Setidaknya ada tiga sampai empat babak yang harus dilalui Indonesia ke Piala Dunia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan arahan kepada timnas Indonesia jelang pertandingan Leg Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan arahan kepada timnas Indonesia jelang pertandingan Leg Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan tim nasional Indonesia menuju tahta tertinggi ajang kejuaraan Piala Dunia 2026 masih teramat panjang. Euforia atas keberhasilan di babak pertama kualifikasi tentu tidak diharamkan, meski perlu diingat bahwa perjuangan berat yang sesungguhnya baru akan dimulai.

Babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah tuntas. Seluruh negara sudah memainkan leg kedua, Indonesia pun sukses melangkah ke babak kedua usai mencukur Brunei Darussalam dengan agregat 12-0.

Baca Juga

Ini merupakan agregat terbesar dalam sejarah sepak bola Indonesia, khususnya ketika melakoni babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kualifikasi babak pertama diperuntukan kepada 20 negara yang memiliki peringkat terendah AFC yakni posisi 27 hingga 46.

Selain untuk Piala Dunia 2026 kualifikasi babak pertama ini sekaligus untuk kualifikasi Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Adapun dari 20 tim yang bermain di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia terdapat 11 negara yang lolos ke babak kedua.

Nantinya 11 tim termasuk Garuda Merah Putih, Indonesia bergabung dengan 25 tim Asia lainnya yang otomatis lolos karena memiliki peringkat AFC yang baik, salah satunya Vietnam.

Perjalanan menuju putaran final Piala Dunia 2026 teramat panjang. Total 36 timnas akan dibagi dalam sembilan grup dengan Indonesia tergabung ke dalam Grup F bersama timnas Irak, Vietnam serta Filipina.

Di sini armada Shin Tae-yong kembali dituntut untuk berjibaku sampai titik darah penghabisan. Indonesia bakal bertemu mantan juara Piala Asia 2007, Irak dan seteru abadi Vietnam.

Hanya akan ada dua timnas yang bakal mendapat tiket lolos ke fase selanjutnya babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sehingga total tim tersaring pun menyusut menjadi 18 tim.

Apabila Rizky Ridho dan kawan-kawan melenggang ke babak ketiga maka tim Garuda kembali bersaing di setiap grup, yang masing-masing terdiri dari enam timnas. Sistem pertandingan dimainkan secara kandang-tandang.

Serupa dengan babak kedua, timnas yang menduduki kursi pertama dan kedua akan memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026, yang diselenggarakan di tiga negara berbeda Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Sedangkan enam timnas yang merupakan tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup pada babak ketiga kualifikasi, akan melanjutkan pertarungan tiket melawan timnas dari zona Amerika Utara dengan bermain di babak keempat.

Enam tim tersebut, yang harus melanjutkan perjuangan ke Piala Dunia 2026, akan dibagi lagi menjadi dua grup masing-masing berisi tiga tim. Mereka bakal bertempur di tempat netral dengan dua tim teratas dari dua grup bakal menerima jatah tiket ke Piala Dunia.

Perjuangan untuk ikutserta di Amerika Utara tak berhenti sampai di sana. Masih ada satu tiket tersisa bagi tim runner up babak keempat. Mereka berjumpa pada babak play-off.

Timnas yang memenangkan laga play-off zona Asia ini kemudian akan dipertarungkan lagi di babak play-off antarkonfederasi yang aturannya ditentukan oleh FIFA.

Secara garis besar total ada... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement