Jumat 20 Oct 2023 15:21 WIB

Marc Marquez Yakin Bisa Ubah Kebijakan Ducati Soal Alokasi Motor pada Musim Depan

Kans Marquez terbuka lebar apabila bisa tampil apik di atas trek pada sisa musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez akan pindah ke tim Gresini Racing pada 2024.
Foto: EPA-EFE/DANILO DI GIOVANNI
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez akan pindah ke tim Gresini Racing pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez, akan mengisi line-up pembalap tim Gresini pada musim 2024. Musim depan bakal menjadi musim pertama Marquez mengendarai motor selain motor pabrikan asal Jepang, Honda, sejak memulai kiprahnya di kelas utama MotoGP pada 2013 silam.

Bersama sang adik, Alex Marquez, yang sudah lebih dulu memperkuat tim Gresini Racing, pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGp itu akan mengendarai motor keluaran pabrikan asal Italia, Ducati. Gresini diketahui menjadi salah satu tim satelit Ducati di kelas utama MotoGP.

Baca Juga

Namun, Marquez tidak akan menggunakan motor dengan spesifikasi dan pengembangan teranyar dari Ducati pada musim depan, Ducati Desmosedici GP24. Para pembalap tim Gresini Racing dan duo pembalap tim Mooney VR46, Marco Bezzecchi dan Luca Marini, akan menggunakan motor dengan spesifikasi dan pengembangan setahun sebelumnya.

Artinya, Marquez akan mengendarai motor yang saat ini digunakan oleh dua pembalap tim utama Ducati, Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini, dan duet pembalap Prima Pramac, Jorge Martin dan Johan Zarco. Para pembalap di dua tim tersebut diketahui menggunakan motor Ducati Desmosedici GP23 pada musim ini.

Kendati begitu, Marquez cukup yakin bisa mengubah kebijakan tersebut dan mendapatkan spesifikasi motor dengan paket yang lebih lengkap pada musim depan. Kemungkinan untuk mendapatkan spesifikasi motor Ducati yang lebih lengkap, ujar pembalap berusia 30 tahun itu, akan semakin terbuka lebar apabila bisa tampil apik di atas trek pada sisa musim ini.

''Dari apa yang saya pahami, Anda berhak mendapatkan itu berdasarkan performa di atas lintasan. Jika Anda lebih cepat, maka Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih banyak dan lebih lengkap. Sebaliknya, jika Anda tidak cukup cepat, Anda hanya mendapatkan sedikit. Saya harus bisa mendapatkannya (lewat penampilan) di trek,'' ujar Marquez seperti dilansir Crash, Jumat (20/10/2023).

Marquez, yang masih memperkuat Repsol Honda, memiliki kesempatan di lima seri terakhir musim ini untuk bisa membuktikan kemampuannya. Telah pulih sepenuhnya dari cedera, Marquez akhirnya bisa merasakan naik podium pada musim ini. Marquez berhasil finish di peringkat ketiga GP Jepang, awal bulan ini.

Ini menjadi keberhasilan pertama Marquez naik podium sejak terakhir kali menjadi yang tercepat di GP Emilia Romagna pada 2021 silam. Namun, Marquez gagal melanjutkan momentum keberhasilan itu di seri selanjutnya.

Pmebalap yang masih tercatat sebagai pembalap termuda yang pernah meraih juara dunia kelas utama MotoGP itu malah gagal finish dan terjatuh di sesi balapan GP Indonesia, akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement