Sabtu 21 Oct 2023 23:19 WIB

Menang Tipis Atas Brighton, Man City Gusur Liverpool dari Puncak Klasemen

Man City menggusur posisi Liverpool di puncak klasemen sementara.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City Erling Haaland dan Julian Alvarez seusai pertandingan Liga Primer Inggris.
Foto: AP/Jon Super
Striker Manchester City Erling Haaland dan Julian Alvarez seusai pertandingan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City unggul 2-1 atas Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Primer Inggris, di Stadion Etihad, Sabtu (21/10/2023) malam WIB. Kemenangan Man City tidak didapatkan dengan mudah karena Brighton memberikan perlawanan ketat sepanjang pertandingan.

Hasil ini membuat juara bertahan Liga Primer tersebut menggusur posisi Liverpool di puncak klasemen sementara. The Citizens mengemas 21 poin dari 9 laga atau unggul hanya 1 poin dari Liverpool.

Baca Juga

Julian Alvarez membawa Man City unggul 1-0 ketika pertandingan baru berjalan tujuh menit. Jeremy Doku yang memberikan assist disambut baik pemain internasional Argentina itu dengan tembakan yang tak bisa dihalau oleh kiper Brighton.

Tertinggal satu gol, Brighton mencoba meningkatkan tekanan. Bintang asal Jepang Kaoru Mitoma beberapa kali membahayakan pertahanan Man City dengan skill individunya. Namun di tengah ingin mengejar ketertinggalan, Brighton harus kehilangan Danny Welbeck saat laga baru berjalan 15 menit karena cedera.

Evan Ferguson masuk menggantikan Welbeck. Man City memanfaatkan situasi tersebut. Lini belakang tuan rumah lebih tenang dengan hilangnya Welbeck dan fokus menyerang. Alhasil pada menit ke-18 Erling Haaland menggandakan keunggulan saat tembakannya mengarahkan bola ke sudut kanan bawah.

Brighton kesulitan meningkatkan kreasi menyerangnya. Hingga babak pertama skor bertahan 2-0 untuk keunggulan Man City.

Pada babak kedua, tim tamu menggantikan James Milner dengan Joel Veltman. Serangan pasukan Roberto De Zerbi lebih hidup. Pada menit ke-60, Mitoma mendapatkan peluang lewat tembakan bebas tetapi gagal.

De Zerbi kemudian memasukkan Ansu Fati menggantikan Joao Pedro di menit ke-66 serta Billt Gilmour menggantikan Carlos Baleba. Alhasil, Fati mencetak gol di menit ke-72. Tembakannya mengarah ke sudut kiri gawang Man City.

Brighton sejatinya memiliki kesempatan menyamakan kedudukan karena tuan rumah bermain dengan 10 pemain setelah Manjel Akanji diganjar kartu merah karena mendapatkan kartu kuning kedua. Namun Brighton tak mampu menambah gol sehingga harus mengakui kemenangan Man City 2-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement