Senin 23 Oct 2023 15:26 WIB

Seru, 10 Ribu Pelari Ramaikan Jakarta Marathon 2023

PB PASI mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta Marathon 2023.

Hampir 10.000 pelari dari seluruh pelosok Indonesia telah berpartisipasi pada Jakarta Marathon 2023 yang  digelar di Plaza Timur, Gelora Bung Karno pada Ahad (22/10/2023).
Foto: Dok.Republika
Hampir 10.000 pelari dari seluruh pelosok Indonesia telah berpartisipasi pada Jakarta Marathon 2023 yang digelar di Plaza Timur, Gelora Bung Karno pada Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 10 ribu pelari mengikuti lomba lari Hibank Jakarta Marathon 2023 yang diselenggarakan, Ahad (22/10/2023). Pelari ini terbagi dalam empat kategori berbeda.

Ribuan pelari itu turut meramaikan empat nomor yang dipertandingkan yakni Marathon, Half Marathon, 10K (kilometer), dan 5K (kilometer). Para pelari start dan finish di Plaza Utara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Communication Director Jakarta Marathon 2023 Adystra Bimo Herayanto di Jakarta, Ahad, mengatakan, lomba lari tersebut diselenggarakan untuk menumbuhkan sekaligus menyadarkan masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat dan menjaga lingkungan.

“Ini (Jakarta Marathon 2023) menjadi ajang edukasi buat para peserta untuk bisa lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, dari acara ini kami berharap bahwa para peserta bisa lebih aware lagi pada dampak lingkungan,” kata Adystra.

Pelari untuk kategori marathon dilepas sekitar pukul 04.39 WIB, half marathon dilepas pukul 05.45 WIB, peserta 10 kilometer dilepas pukul 06.00 WIB, dan peserta terakhir dengan kategori 5 kilometer dilepas pukul 06.15 WIB.

“Kita ada sekitar 10 ribuan yang dibagi ke dalam empat kategori, dari kategori ini yang paling banyak masih didominasi 10K, 5K, dan half marathon,” kata dia.

Adystra mengatakan ada sekitar 200 orang tenaga medis disiapkan untuk memastikan keselamatan peserta. Para petugas kesehatan disiagakan setiap 1 kilometer serta penggunaan peralatan medis canggih berstandar internasional.

Selain itu penyediaan pos air mineral guna memastikan peserta mendapatkan cairan yang cukup selama selama berlari.

“Kami mempunyai visi dan misi menggelar acara lari yang berstandar internasional, kami juga sangat mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan keselamatan para pelari,” kata Adystra.

Adystra menambahkan total hadiah yang disiapkan pada Hibank Jakarta Marathon 2023 sebanyak Rp 1,5 miliar.

Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengapresiasi penyelenggara Jakarta Marathon 2023. Dalam keterangan persnya, Ketua PB PASI Luhut Pandjaitan mengatakan menjaga kualitas lomba lari jalanan adalah tanggung jawab bersama. Diperlukan kerja keras agar lomba lari jalanan di Indonesia memiliki kualitas baik dan memenuhi syarat teknis kelombaan yang sebanding dengan penyelenggaraan marathon di dunia internasional. 

"Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama yang solid terutama dengan partner-partner yang juga memiliki standar kualitas tinggi," katanya.

Direktur Sales dan Marketing PT Tirta Fresindo Jaya, Riko Sistanto, mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta Marathon. Ia juga berterima kasih atas kepercayaan penyelenggara pada Le Minerale.

Sejak diluncurkannya, Le Minerale memiliki misi untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat. Oleh karenanya, dengan kandungan mineral essensial yang terlindungi dalam inovasi proteksi yang sempurna, kami berharap Le Minerale dapat menjadi pilihan sehat bagi mereka yang mengusung pola hidup aktif, termasuk mereka yang gemar melakukan olahraga lari.

“Kami sangat antusias dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai mitra hidrasi acara marathon berstandar internasional ini," katanya.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement